Sosok Wanita Arab Pertama yang Menginjakkan Kaki di Luar Angkasa

Rayyanah Barnawi, wanita Arab pertama di luar angkasa.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Seorang astronot dari Arab Saudi mengukir sejarah sebagai wanita Arab pertama di luar angkasa. Rayyanah Barnawi adalah bagian dari misi luar angkasa AX-2 yang lepas landas hari Minggu kemarin dari Kennedy Space Center NASA di Florida.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Barnawi , seorang ilmuwan yang berspesialisasi dalam penelitian sel induk kanker adalah salah satu dari empat astronot yang melakukan perjalanan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS ) untuk melakukan penelitian ilmiah yang inovatif.

Dia bergabung dengan astronot Saudi lainnya Ali AlQarni saat misi diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon 9. Rekan kru akan melakukan perjalanan pulang-pergi ISS dalam kapsul SpaceX Dragon 2 bernama Freedom.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Perjalanan 12 hari menandai peristiwa sejarah penting bagi Arab Saudi dan wanita Arab karena Barnawi menjadi astronot wanita pertama dari Arab Saudi yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, menurut laman Metro, Selasa, 23 Mei 2023.

Setibanya di sana, para astronot akan melakukan 14 eksperimen ilmiah perintis dalam gayaberat mikro, termasuk pengaruh luar angkasa terhadap kesehatan manusia dan teknologi penyemaian hujan, yang akan berkontribusi pada peningkatan curah hujan di banyak negara.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Photo :
  • ESA

Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Arab Saudi, eksperimen pendidikan akan dilakukan di ISS secara real-time, dengan 12.000 siswa melihat dari negara tersebut.

Tujuannya adalah untuk menginspirasi generasi ilmuwan masa depan dan calon astronot serta mendorong lebih banyak wanita dan gadis muda untuk mengikuti karier STEM.

"Saya merasa terhormat mewakili kontribusi Arab Saudi yang berkembang di bidang ini dan bangga menjadi wanita Arab Saudi pertama yang pergi ke luar angkasa," katanya.

Dia berharap misi ini akan menginspirasi para gadis dari berbagai latar belakang, yang tidak selalu memiliki kesempatan ini, untuk menyerap bakat dan kecerdasan mereka dan mengetahui bahwa mereka memiliki peran penting dalam memajukan pengalaman manusia.

Awal tahun ini, Sultan Al Neyadi dari Uni Emirat Arab (UEA) mengukir sejarah sebagai orang Arab pertama yang melakukan spacewalk. Di sana dia mengambil antena yang akan dikembalikan ke Bumi.

0lIf4pHdmwQ

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya