Ingin Sukses? Coba 11 Tips Belajar Efektif yang Tidak Membosankan

Tips belajar efektif
Sumber :
  • AJC.com

VIVA – Tips belajar efektif seharusnya sudah diketahui oleh setiap orang, karena banyak yang kesulitan untuk belajar, terlebih saat ini masih dalam masa pandemi. Padahal, belajar sangat bermanfaat untuk melatih kecerdasan otak dan juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tes.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Belajar dilakukan oleh semua kalangan usia, mulai dari mahasiswa, pelajar, sampai seorang dosen. Di masa pandemi seperti sekarang orang terkadang lebih malas untuk belajar karena tidak bertemu langsung dengan guru atau dosennya.

Kebanyakan dari mereka malah memilih untuk menunda proses belajar, lebih memilih untuk bermain ponsel atau melakukan kegiatan lain ketimbang belajar. Dampak dari menunda belajar ini sangat banyak seperti kesulitan untuk mencapai tujuan.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Namun, kamu tidak usah khawatir karena saat ini telah banyak tips belajar efektif termasuk belajar secara online. Nah, untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut yang disadur dari Master Portal.

Lalu, Apa Saja Tips Belajar Efektif?

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Buat jadwal belajar

Tetapkan waktu untuk belajar setiap hari. Gunakan alarm, pengingat, apa pun yang cocok untukmu. Manajemen waktu yang tepat sangat penting. Kamu mungkin memiliki waktu belajar reguler yang perlu dihadiri, tetapi kamu juga harus meluangkan waktu sendiri untuk memperdalam apa yang telah didapatkan dari pembelajaran reguler. Ini sangat penting jika kamu diminta untuk meninjau beberapa materi sendiri.

Gunakan kalender, catatan tempel, dan pengingat

Ilustrasi catatan

Photo :
  • U-Report

Pembelajaran online membutuhkan struktur. Buat kalender belajar yang akan membantu kamu untuk mengingat semua tanggal ujian penting atau tenggat waktu untuk mengirimkan tugas. Kamu dapat menyimpan kalender di komputer atau perangkat seluler. Bahkan dapat membuat perencana dinding jika kamu adalah tipe orang yang visual, yang dapat ditandai dan periksa setiap kali akan belajar.

Bersikap Kritis

Tips belajar efektif berikutnya adalah dengan berpikir kritis. Latihlah pikiran kamu supaya lebih kritis melihat sebuah materi belajar. Selain itu, kamu juga harus aktif mencari tahu dan menganalisa kebenaran dai materi yang sudah dipelajari. Hal ini mampu membuat seseorang lebih mudah dalam mengingat materi pada saat akan ujian.

Manfaatkan aplikasi 

Ilustrasi aplikasi.

Photo :
  • Fresh Headline

Kita hidup di era digital. Apa pun yang diperlukan, mungkin ada aplikasi yang dapat melakukannya untuk kamu atau membuatnya lebih mudah. Ekstensi dan aplikasi produktivitas yang fantastis ini membuat belajar atau bekerja tidak terlalu merepotkan. Mereka membantu melacak kemajuan, mengatur tugas, mengatur pengingat, atau membuat aplikasi lain bekerja seperti yang kamu inginkan.

Hindari gangguan

Jika kamu ingin belajar secara efisien, penting untuk menjauhkan benda apa pun yang dapat mengalihkan perhatian. Misalnya, cobalah untuk meninggalkan ponsel di ruangan lain, di belakang laptop atau monitor sehingga kamu tidak akan tergoda untuk menggulir feed di Facebook atau Instagram. Jika masih tergoda untuk menggunakan ponsel, matikan notifikasi dari media sosial dan aplikasi tidak penting lainnya. Dengan cara ini, kamu tidak akan terganggu dari hal apa pun

Temukan rutinitas yang cocok

Pembelajaran jarak jauh menggunakan perangkat.

Photo :
  • Zenius

Ketika masih menikmati susu di pagi hari, cobalah untuk menjadwalkan tugas-tugas utama hari itu. Gunakan aplikasi manajemen waktu favorit atau catatan tempel untuk memutuskan kapan kamu akan belajar, kapan akan beristirahat, dan bagaimana kamu akan menghargai diri sendiri untuk setiap tugas yang diselesaikan. Pastikan rutinitas harian tidak sepenuhnya berbeda dari hari-hari biasa di luar hari biasa.

Juga, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Terkadang, kamu hanya akan menyelesaikan 2 tugas penting dari 5 tugas untuk hari itu. Bereksperimenlah dan temukan ritme yang cocok untuk kamu. Coba aturan 2 hari, katakanlah kamu ingin belajar selama 2 jam setiap hari. Dengan aturan 2 hari, kamu dapat melewatkan belajar selama satu hari, tetapi hari berikutnya harus kembali ke jadwal yang telah dibuat. Anda bahkan dapat melewati 2 atau 3 hari dalam seminggu.

Tetap berhubungan

Belajar di kampus bisa sangat menyenangkan jika kamu bersosialisasi saat istirahat. Namun, ketika belajar online kamu bisa membuat obrolan grup di mana semua orang dapat masuk saat istirahat. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan waktu luang sebaik-baiknya dengan berbicara bersama orang yang Anda rindukan. Pastikan kamu menyalakan kamera itu sehingga dapat membuatnya tetap menyenangkan.

Gunakan Teknik Pengulangan

Belajar membaca bersama orang tua

Photo :
  • U-Report

Tips belajar efektif ini akan membuat materi pembelajaran lebih mudah untuk diingat dan diulang. Dengan mengulang secara tegas, maka akan membantu untuk memasukkan informasi ke dalam otak. Caranya kamu bisa membuat kartu yang berisi pertanyaan terkait belajar. Kartu tersebut akan berguna untuk menguji diri dan mengingat kembali tentang materi. Buatlah jarak waktu belajar dengan teknik pengulangan ini.

Buatlah Pengelompokkan Materi

Pengelompokkan materi adalah salah satu tips belajar efektif yang bermanfaat untuk menghafal secara sederhana. Misalnya kamu harus mengingat empat bunga yakni melati, kamboja, anggrek, dan mawar. Cobalah mencari cara untuk menghubungkan keempat bunga tersebut dalam memori kamu. contohnya adalah dengan membuat singkatan MKAM. Gunakan singkatan tersebut untuk mengingat nama bunga.

Berlatih dengan Sungguh-Sungguh

Ilustrasi sekolah atau belajar online.

Photo :
  • IIUM Today

Salah satu penelitian menerangkan bahwa olahraga bisa meningkatkan memori dan juga kemampuan belajar. Ini akan membantu untuk menciptakan neuron pada area yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Selain itu, cobalah untuk melakukan olahraga sebelum belajar atau melakukan pergerakan badan sesudah belajar atau istirahat.

Perbanyak Sumber Belajar

Bila kamu adalah seorang mahasiswa atau pelajar, cobalah untuk mencari sumber lain. Misalnya situs khusus untuk belajar, membaca materi dari buku atau e-book, serta belajar dari video YouTube. Sebab, semakin banyak sumber belajar, akan memudahkan kamu untuk memahami inti materi dan juga mempelajari lebih dalam mengenai soal untuk ujian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya