Mahasiswa di Luar Negeri Diminta Tak Cuma Belajar Agama Saja

Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin.
Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin.
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA - Mantan Wakapolri, Komjen Pol (Purn) Syafruddin, meminta generasi muda khususnya mahasiswa yang sedang menimba ilmu di AL-Azhar Kairo, Mesir, untuk terus mengembangkan bidang keilmuan yang dikuasai.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin

Photo :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

Sebab panggung untuk berperan di tanah air tidak hanya semata-mata dalam bidang dakwah secara khusus, melainkan bisa berkiprah di berbagai bidang dengan tetap mengamalkan ilmu dakwah.

Bekerja di Luar Bidang

Wakil Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia itu menjumpai pejabat di tanah air yang bekerja tidak dengan bidang yang digeluti di bangku kuliah karena menguasai bidang lain. Sehingga dia berharap mahasiswa Al-Azhar juga bisa berperan di berbagai bidang untuk membangun Indonesia.

"Jadi jangan ke luar negeri atau Al-Azhar hanya mempelajari ilmu agama, sebab setelah anda kembali ke tanah air akan menghadapi pergumulan yang mungkin berbeda dari apa yang sudah anda bayangkan hari ini. Saya waktu bertugas di daerah, sering bertemu orang yang belajar ilmu kedokteran menjadi kepala dinas pertanian atau ahli pertanian yang menjadi politikus," kata Syafruddin dikutip pada Senin, 29 November 2021.

Baca juga: Asrama Mahasiswa di Makassar Diserang, Satu Orang Ditebas