PTM 100 Persen di Trenggalek Terhambat Vaksinasi Lansia

vaksinasi booster untuk lansia. (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM)100 persen di Trenggalek, Jawa Timur belum bisa direalisasikan karena terhambat capaian vaksinasi lansia dosis kedua yang sampai saat ini tercapai 50 persen.

"Sesuai surat keputusan bersama (SKB) empat menteri mengharuskan capaian vaksinasi lansia dosis dua minimal 50 persen dari jumlah sasaran. Trenggalek sampai saat ini (vaksinasi lansia dosis dua) baru tercapai 39 persen, untuk persyaratan lain sebenarnya sudah terpenuhi," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek Totok Rudijanto di Trenggalek, Senin.

Misal, vaksinasi untuk tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan yang sudah melampaui target, yakni 97 persen. Tidak terpenuhinya syarat minimal ini membuat Dinas Pendidikan Trenggalek masih memberlakukan pembelajaran tatap muka 50 persen. Model pembelajaran ini adalah dengan mengolaborasikan PTM 50 persen dengan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Selain mempercepat capaian vaksinasi dosis dua lansia, Pemkab Trenggalek tengah menggenjot percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Ada sekitar 44 ribu anak dari 14 kecamatan di Trenggalek yang mendapatkan jatah vaksin tersebut. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, per Senin (24/1) capaian vaksinasi dosis pertama lansia adalah 65,04 persen atau setara 65.638 sasaran.

Sementara itu, untuk dosis dua lansia mencapai 40.351 sasaran atau sekitar 39,98 persen, sehingga kurang 10,02 persen untuk bisa PTM menyeluruh. “Sementara untuk dosis tiga lansia mencapai 0,13 persen. Kami terus melakukan percepatan vaksinasi bersama semua pihak, tentunya ini perlu dukungan dari seluruh masyarakat di Kabupaten Trenggalek,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek Saeroni. (ant)

Kemendikbud: Siswa Positif COVID-19, PTM Sekelas Disetop Bukan Sekolah
Ilustrasi anak sekolah/belajar.

PTM Kembali Aktif, Sun Life Dorong Kesadaran Kesehatan Anak di Sekolah

Sun Life Indonesia mengadakan Program Sekolah Bersinar yaitu Bersih, Sehat, Indah, dan Ramah Anak yang bermitra dengan Wahana Visi Indonesia. 

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2023