Bacaan Doa Sholat Witir Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya

ilustrasi sholat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Doa sholat witir harus diketahui sebagai salah satu cara untuk menambah pahala. Sholat sunah ini dikerjakan antara sholat isya sampai shubuh dan dikerjakan setelah sholat malam, tahajud, atau tarawih. Seperti yang kita ketahui bahwa sholat sunnah berarti bila dilaksanakan akan mendapatkan pahala, tapi jika tidak dilaksanakan maka tidak akan mendapat apa-apa. Rasulullah SAW sendiri selalu mengajarkan seluruh umatnya untuk melakukan hal-hal terpuji, yang mana contoh mudahnya adalah dengan mengerjakan sholat witir sebagai penutup sholat sunnah. 

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Sholat ini dikerjakan dalam jumlah rakaat ganjil dan sebagai penutup ibadah sholat di hari itu. Tingkat keistimewaan sholat witir ini membuat Rasulullah SAW mewasiatkan kepada para sahabat untuk senantiasa mengerjakannya. Selain itu, doa sholat witir setelah selesai sholat akan menambah kedekatan kita sebagai umat dengan Allah SWT. Ketika melaksanakannya, penting untuk kita dalam mengetahui doa sholat witir, niat, tata cara pelaksanaanya supaya tidak keliru. Nah, berikut ulasan tentang doa sholat witir secara lengkap yang disadur dari berbagai sumber. 

Niat Sholat Witir

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

ilustrasi sholat

Photo :
  • pixabay.com

Sebelum memahami tentang doa sholat witir, penting untuk kita mengetahui terlebih dahulu tentang niat sholat witir tersebut. Waktu untuk menjalankan sholat witir diawali sejak sholat isya sampai menjelang subuh. Sehingga, menjalankan sholat witir selain di waktu yang sudah disebutkan hukumnya adalah mubah. Berdasarkan hadis riwayat Imam Ahmad, Nabi Muhammad SAW melaksanakan sholat witir di akhir malam. 

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

1. Niat Sholat Witir 1 Rakaat

ilustrasi sholat

Photo :
  • U-Report

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sholat witir biasanya diamalkan pada malam bulan Ramadhan. Sholat witir ini terhitung mulai dari satu sampai sebelas rakaat. Namun, untuk kamu yang akan melaksanakan sholatnya satu rakat, boleh dilakukan tanpa kemakruhan. Maka dari itu, kamu harus membaca niatnya sebagai berikut:

Ushallii sunnatal witri rok 'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.

"Aku niat shalat witir satu rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

2. Niat Sholat Witir 3 Rakaat

sholat

Photo :
  • U-Report

Sementara itu, untuk kamu yang akan melaksanakan sholat witir sebanyak 3 rakaat, maka kamu harus membaca niatnya berikut ini:

Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka'aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

3. Niat Sholat Witir 1 Rakaat untuk Imam

Suami istri salat berjamaah.

Photo :
  • Instagram cuknews

Ushalli sunnatal Witri rak’atan mustaqbilal qiblati ada’an imaman lillahi ta’ala.

Artinya,"Aku menyengaja sembahyang sunnah Witir satu rekaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT."

4. Niat Sholat Witir 1 Rakaat untuk Makmum

Calon wakil presiden Sandiaga Uno memulai hari pencoblosan dengan salat tahajud berjamaah di Masjid At-Taqwa, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Rabu, 17 April 2019.

Photo :
  • VIVA/Bayu Nugraha

Ushalli sunnatal Witri rak’atan mustaqbilal qiblati ada’an makmuman lillahi ta’ala.

Artinya,"Aku menyengaja sembahyang sunnah witir satu rekaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT."

Tata Cara Sholat Witir

Sholat sunnah

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Ketika kamu memilih untuk mengerjakan sholat witir 3 rakaat, boleh dikerjakan dua rakaat dulu kemudian dilanjutkan satu rakaat, dengan masing-masing satu tasyahud dan satu kali salam. Kamu juga boleh bila ingin melaksanakan sebanyak 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam. Pelaksanaan sholat witir ini sama seperti sholat wajib tapi ada beberapa perbedaan, seperti dalam niat dan sunah bacaan surat pendek. 

1. Membaca niat

2. Takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surat Al Fatihah

5. Membaca surat pendek, dianjurkan untuk membaca surat Al A’la di rakaat pertama, dan surat Al Kafirun untuk rakaat kedua. Sementara untuk rakaat ketiga, dianjurkan untuk membaca 3 surat yaitu Al Ikhlas, surat Al Falaq dan surat An Nas.

6. Ruku

7. I’tidal

8. Sujud

9. Duduk di antara dua sujud

10. Tahiyat akhir.

11. Salam

Doa Sholat Witir

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman,

Wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a 'aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina."

Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus,

Kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami,

Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Keutamaan Sholat Witir

1. Tambahan Sholat

Pelaksanaan Salat.

Photo :
  • vstory

Keutamaan dari sholat witir yang pertama adalah sebagai tambahan ibadah sholat. Sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan di antara sholat wajib yaitu sesudah sholat isya dan sebelum memasuki waktu shubuh. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam salah satu hadis berikut ini.  

"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan sholat, yaitu sholat Witir, maka sholat Witirlah kalian antara waktu sholat Isya hingga sholat Subuh" (HR. Ahmad).

2. Dicintai oleh Allah SWT

Allah SWT

Photo :
  • U-Report

Setiap umat Islam yang melakukan ibadah sholat witir akan dicintai oleh Allah SWT. Sebagaimana rakaat sholat witir yang ganjil, Allah begitu menyukai sesuatu yang ganjil. Hal ini dikatakan dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini.

"Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat witir, maka sholat witirlah, wahai para ahli Al-Qur'an."

3. Dikabulkan Doa

berdoa.

Photo :
  • U-Report

Keutamaan sholat witir yang terakhir adalah dikabulkan doa dan permintaannya. Bila mempunyai keinginan untuk didengar oleh Allah SWT, maka kamu dapat mendirikan sholat witir supaya hajat tersebut terkabul. Sebab, saat seseorang tengah bersujud kepada Allah SWT, sebenarnya dalam posisi tersebut adalah yang paling dekat dengan Allah SWT. 

4. Penyempurna Sholat Malam

Ilustrasi Sholat

Photo :
  • Sholat Tahajud

Keutamaan lain dari sholat witir adalah untuk penyempurna sholat malam. Ibadah sholat sunah yang satu ini sangat baik dilaksanakan sebelum atau sesudah bangun tidur. Tanpa sholat witir, sholat malam kamu atau qiyamul lail seorang umat Islam tidak akan sempurna. Keutamaan ini sebagaimana yang dikatakan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW berikut ini. 

"Jadikanlah akhir sholat kalian di malam hari dengan sholat Witir" (HR. Bukhori dan Muslim).

5. Disaksikan Malaikat

Ilustrasi cahaya malaikat.

Photo :
  • U-Report

Umumnya sholat witir dilakuakn pada penghujung malam, dan ketika itu banyak malaikat yang menyaksikan dan berdoa untuk orang-orang yang tengah beribadah. Seperti yang dikatakan dalam hadis berikut ini:

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Hafsh dan Abu Muawiyah dari Al Amasy dari Abu Sufyan dari Jabir  ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “ Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim).

Inul Daratista

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Meski demikian, Inul Daratista hanya menerima dengan ikhlas dan meminta doa restu dari ibunya. Baginya, doa ibu dan perlindungan dari Allah SWT adalah yang terpenting.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024