5 Sekolah Termahal di Indonesia, Biayanya Mencapai Harga Mobil

ACG School Jakarta
Sumber :

VIVA – Sekolah termahal di Indonesia pasti tidak diragukan lagi memiliki beragam fasilitas dan kegiatan non akademis paling terbaik. Jadi wajar saja rasanya, jika beberapa sekolah termahal di Indonesia ini memiliki jumlah biaya pendidikan yang tidaklah murah. Ada harga pasti ada kualitas terbaik, begitulah gambaran dari sekolah termahal di Indonesia.

Penerapan Zonasi PPDB Sekolah Dinilai Belum Efektif

Siapa yang tidak ingin mengenyam pendidikan akademis dan mendapatkan kegiatan non akademis di tempat yang bonafit dan bergengsi seperti beberapa sekolah termahal di Indonesia, yang akan kami sebutkan pada artikel kali ini.

Sekolah dengan biaya mahal tentu wajar karena biaya pendidikan yang meningkat dan ditambah penggunaan teknologi, multimedia serta lingkungan di sekolahnya. Hal itulah yang membuat beberapa sekolah di Indonesia ini memiliki jumlah biaya pendidikan sangat tinggi.

Refleksi Program Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Pusat Unggulan

Pendidikan itu sendiri merupakan salah satu aset penting yang harus dimajukan untuk generasi bangsa selanjutnya. Oleh karena itu, banyak orangtua yang tak segan-segan merogoh sakunya demi pendidikan anaknya.

Semua orang tua pasti ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah termahal di Indonesia, karena mereka yakin anaknya akan mendapatkan pendidikan berkualitas di sana.  Bukan rahasia lagi bahwa lulus dari universitas dan sekolah menengah paling bergengsi, rupanya mampu memberi seseorang keunggulan untuk belajar lebih tinggi dan peluang kerja dan jaringan.

Pelajar Pancasila: Sebuah Harapan Pendidikan Ideal di Masa Depan

Bahkan bberapa siswa bisa membayar kurang lebih dari 500juta per tahun untuk belajar di sekolah termahal di Indonesia. Lantas, di mana sekolah termahal di Indonesia itu berada? 

Berdasarkan laman platform biaya pendidikan Pintek.id, sekolah termahal di Indonesia, pada umumnya merupakan sekolah bertaraf internasional yang lokasinya lebih banyak di Jakarta.

Dimana, sekolah bertaraf internasional ini umumnya menggunakan kurikulum diatas standar sekolah biasa. Yaitu mereka menggunakan kurikulum berbasis internasional seperti kurikulum International Baccalaureate (IB) atau International General Certificate of Secondary Education (IGCSE).


Sekolah termahal di Indonesia ini memiliki metode pembelajaran yang pastinya berbeda dari sekolah nasional pada umumnya. Dimana biasanya, para murid di sekolah internasional ini menggunakan bahasa Inggris di lingkungan sekolahnya. Tidak hanya itu sekolah termahal di Indonesia ini juga pastinya dilengkapi dengan fasilitas mumpuni serta para tenaga pendidik yang tak main-main pengamalannya. 

Jadi wajar saja, jika untuk masuk dan bergabung di beberapa sekolah termahal di Indonesia ini bisa mencapai Rp450 juta per tahun. Lantas, berada di mana saja sekolah termahal di Indonesia itu?

Sekolah Termahal di Indonesia

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri,  di Indonesia juga banyak sekolah-sekolah menengah ke atas atau pertama yang memiliki kualitas serta fasilitas terbaik.  Seperti daftar sekolah termahal di Indonesia berikut ini, yang dilansir VIVA dari laman Pintek.id yang diambil dari beberapa sumber.

Jangan kaget ya, ketika mendengar biaya pendidikan bertaraf internasional berikut ini. Konon katanya sekolah termahal di Indonesia ini bisa dimulai dari angka Rp150 - 500 pertahun. Jadi penasaran kan?

1. Jakarta Intercultural School (JIS) 

Jakarta Intercultural School

Photo :
  • Wikipedia Jakarta Intercultural School

Di posisi pertama sekolah termahal di Indonesia ini duduki oleh Jakarta Interculturl School (JIS). Berada di kawasan Cilandak Jakarta Selatan JIS menjadi salah satu sekolah termahal di Indonesia. 

Jika kamu tertarik untuk bergabung di sekolah internasional ini, Anda harus bis menyediakan uang sekitar 500 juta per tahun. Biaya tersebut sudah termasuk dengan uang masuk, uang pendaftaran, uang pengembangan sekolah dan biaya-biaya lainnya.

JIS menawarkan harga yang mengejutkan untuk mengenyam pendidikan di sini. Tapi kendati demikian, akan banyak kelebihan yang didapat bisa bergabung menjadi salah satu keluarga JIS. 

Mulai dengan adanya fasilitas mumpuni, mulai dari studio seni, laboratorium komputer, ruang musik dan lain sebagainya. Dan juga para guru yang memiliki kemampuan mumpuni di segala bidang.

JIS menggunakan program IB diploma dan advanced placement, sekolah termahal di Indonesia juga memiliki segudang fasilitas terbaik yang sayang untuk dilewati.

Dikutip dari laman resmi JIS, rincian total biaya sekolah ini sebagai berikut: 

Sekolah anak usia dini (setengah hari) sebesar Rp 244 juta per tahun.
 Sekolah anak usia dini (satu hari) sebesar Rp 316 juta per tahun.
Taman Kanak-kanak (TK) sebesar Rp 427 juta per tahun. Sekolah Dasar sebesar (SD) Rp 435 juta per tahun. 
Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar Rp 496 juta per tahun. 
Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar Rp 495 juta per tahun.

2. British School Jakarta

?

British School Jakarta

Photo :

Nah di posisi kedua diduduki British School Jakarta. Tidak kalah dengan JIS, sekolah ini juga menyediakan fasilitas yang tak kalah seru dan cangih. Lokasi sekolah yang berada di Pondok Aren Tangerang Selatan ini didirikan ibawah perlindungan kedutaan besar Britania Raya pada tahun 1973 di Jakarta.

Buat para orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah internasional berikut ini, Anda harus siap merogoh kocek yang sangat besar bahkan lebih dari Rp 300 juta per tahunnya. Buat para orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah internasional tersebut harus siap merogoh kocek yang sangat besar bahkan lebih dari Rp 300 juta per tahunnya.

Berikut adalah rincian biaya pendidikan di British School Jakarta seperti dikutip dari situs resminya:

Biaya pendaftaran sebesar Rp 4 juta dan apabila diterima, wajib membayar Uang Jaminan sebesar Rp 30 juta;
Siswa baru di Kelas 12 dan 13, juga wajib membayar Uang Pendaftaran (untuk program International Baccalaureate – IB) sebesar Rp 30 juta;
Uang pembangunan untuk kelas 11-13: Rp 55 juta per satu tahun;
Uang sekolah, pelunasan dapat dilakukan per semester ataupun per tahun. 

Rincian biayanya:
Tingkat Pendidikan 1 (kelas 1 dan 2): Rp 291,469 juta per tahun
Tingkat Pendidikan 2 (kelas 3 hingga 6): Rp 308,521 juta per tahun
Tingkat Pendidikan 3 (kelas 7 hingga 9): Rp 353,499 juta per tahun
Tingkat Pendidikan 4 (kelas 10 dan 11): Rp 353,499 juta per tahun. 

3. ACG School Jakarta

ACG School Jakarta

Photo :

Sekolah termahal di Indonesialainnya adalah ACG School Jakarta.  Sekolah internasional yang berada di Warung Jati, Jakarta Selatan ini menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan langsung dari Selandia Baru dengan pembelajaran bahasa Inggris.

Merujuk dari laman resminya, berikut adalah rincian biaya sekolah ACG School Jakarta yang harus dibayar setiap tahun. Yaitu:

Biaya SPP
Kelas 1-2: Rp 235 juta;
Kelas 3-6: Rp 295 juta;
Kelas 7-11: Rp 306,5 juta;
Kelas 12-13: Rp 310,5 juta.
Biaya pendaftaran: Rp 2,5 juta;
Biaya pembangunan: Rp 37,6 juta;
Biaya transport: Rp 19,3 juta per semester;
Biaya English Language Support (ELS): Rp 37 juta per semester.

4. New Zaeland School Jakarta

New Zealand School

Photo :

New Zaeland School Jakarta merupakan sekolah bertaraf internasional yang berada di Kemang Jakarta Selatan. Di sini, mengadopsi kurikulum dari Selandia aru atau New Zaelah Curriculum NZC. Jika kamu bergabung ke sekolah ini ternyata akan ada biaya pendaftaran siswa senilai Rp 4juta. 

Seperti dilansir dari portal resminya, berikut adalah total biaya sekolah di New Zealand School Jakarta:

Opsi Tahunan
Playgroup: Rp 48,7 juta
TK: Rp 84,9 juta
Kelas 1-6: Rp 195,6 juta
Kelas 7-9: Rp 199,4 juta
Opsi Setengah Tahun
Playgroup: Rp 50,9 juta
TK: Rp 89,1 juta
Kelas 1-6: Rp 203,3 juta
Kelas 7-9: Rp 207,2 juta
Opsi Per Semester
Playgroup: Rp 53,3 juta
TK: Rp 93,3 juta
Kelas 1-6: Rp 210, 9 juta
Kelas 7-9: Rp 215,2 juta

5. Global Jaya School

Ilustrasi sekolah atau belajar online.

Photo :
  • IIUM Today

Sekolah termahal di Indonesia yang terakhir ada Global Jaya School, lokasinya berada di Bintaro Jaya Sektor IX, Tangerang dan termasuk ke dalam salah satu sekolah termahal di Indonesia. Melansir dari laman resminya, Global Jaya School rupanya membagi biaya sekolah menjadi dua komponen yaitu SP (biaya pengembangan) dan SPP (biaya pendidikan). Namun untuk pembayaran SP hanya berlaku untuk siswa kelas 1-12 dan tidak ada pembayaran biaya SP untuk siswa TK.

Sedangkan untuk pelunasan pembayaran SP dapat dilakukan dengan dua opsi pembayaran, yaitu pelunasan dilakukan setiap tahun sekolah atau pelunasan dilakukan 6 tahun sekolah sekaligus di muka.

Berikut rincian biaya pembayaran SP di Global Jaya School:

SP untuk 1 tahun: Rp 23 juta; atau
SP untuk 6 Tahun: Rp 98,8 juta.
Adapun rincian biaya SPP berikut dengan kedua opsinya adalah sebagai berikut:

Opsi 1 (dilakukan per semester atau 3 bulan)
TK-A: Rp 17,4 juta
TK-B: Rp 17,4 juta
Kelas 1-6: Rp 29,1 juta
Kelas 7-10: Rp 33,9 juta
IB Diploma Kelas 11-12: Rp 40,8 juta
Opsi 2 (dilakukan setahun dan diskon satu bulan)
TK-A: Rp 63,8 juta
TK-B: Rp 63,8 juta
Kelas 1-6: Rp 106,7 juta
Kelas 7-10: Rp 124,3 juta
IB Diploma Kelas 11-12: Rp 149,6 juta

Selain itu ada biaya tambahan untuk biaya seragam sebesar Rp 700 ribu untuk tiga set seragam sekolah, satu sweater dan satu seragam olahraga. Sementara untuk kegiatan lainnya sepulang sekolah akan dikenakan biaya tergantung dari jenis kegiatan yang dipilih oleh siswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya