Logo BBC

Murid Sekolah Jalan Jam 4 Pagi Tiap Hari Demi Hindari Macet Akui Stres

Oluwapelumi Ogebere berangkat sekolah. BBC Indonesia
Oluwapelumi Ogebere berangkat sekolah. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kota Lagos di Nigeria dikenal dengan kemacetannya dan kemacetan itu membuat anak-anak tidak bisa cukup tidur.

Oluwapelumi Ogebere harus berangkat sekolah saat hari masih gelap dan dingin untuk menghindari kemacetan. Siswa berusia 14 tahun itu meninggalkan rumahnya dan menuju sekolah pukul 04.50.

Dia bergandengan tangan dengan ibunya, Atinuke Ogebere, berjalan lebih dari 100 meter ke halte bus. Mereka hampir tidak bisa melihat suasana di sekeliling karena hari masih gelap. Lampu senter dari ponsel ibunya hanya bisa menerangi jalan kecil di depan.

Mereka berjalan dengan modal keyakinan karena itu sudah menjadi rutinitas mereka setiap hari sejak 2018, ketika mereka pindah ke daerah Ikorodu, Lagos.

Setiap keterlambatan dalam rutinitas mereka— baik karena ibunda Oluwapelumi tidak bangun pada pukul 02:00, atau putrinya tidak bangun pada pukul 04:00, atau ada kaus kaki yang hilang—berarti Oluwapelumi harus terperangkap dalam kemacetan di jam sibuk dan datang terlambat ke sekolah menengah yang 32 kilometer jauhnya di distrik Ikeja.

Situasi tersebut tidak hanya dialami Oluwapelumi dan keluarganya. Banyak keluarga yang menghadapi situasi serupa. Pemandangan anak-anak, bahkan yang berusia dua tahun, dalam bus antar-jemput sekolah dari pukul 05.00 telah menjadi hal yang biasa.

Baca juga: