4 Doa Kedua Orang Tua dalam Agama Islam, Bisa Diamalkan Setiap Hari

Ilustrasi berbakti kepada orangtua
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Memanjatkan doa kedua orang tua adalah salah satu bentuk kasih sayang dan rasa syukur yang bisa diperlihatkan. Karena, wujud bakti seorang anak kepada orang tuanya bukan hanya terlihat dari sikapnya saja. Apalagi dalam ajaran agama Islam diperintahkan untuk menjadi anak yang saleh kepada kedua orang tua. Seorang anak juga dianjurkan untuk selalu mendoakan kedua orang tuanya. Terlebih, seorang anak pada dasarnya memang tidak dapat membalas jasa kedua orang tuanya. 

Doa dan Harapan Orang Tua Pratama Arhan Jelang Indonesia Vs Irak

Ada banyak sekali doa kedua orang tua yang dapat diamalkan dalam ajaran agama Islam. Mulai dari doa yang dapat diamalkan setelah sholat lima waktu, doa kedua orang tua untuk yang sedang sakit. Bahkan doa yang dapat dipanjatkan kepada orang tua yang sudah meninggal dunia. Mendoakan kedua orang tua juga menjadi salah satu bentuk berbakti kepada mereka. 

Kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua juga bisa ditemukan dalam Al Quran, salah satunya adalah dalam surat Al Isra ayat 23 yang artinya: “Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya…” (Q.S Al-Isra’ ayat 23).

PKB Bantu Doain PPP Lolos di MK, Cak Imin Apapun yang Diminta Kita Sediakan

1. Doa Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

Orang tua

Photo :
  • pixabay
Cathy Sharon Ungkap Gak Pernah Doa Minta Jodoh Meski Lama Menjanda, Ini Alasannya

Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kamaa rabbayanii shaghiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil."

2. Doa Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Lahan permakaman (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al-ahya'i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushushan ila aba'ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu'allimina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi 'alayna. 

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

Setelah itu, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa sebagai pemohon rahmat, ampunan, dan syafaat untuk mereka yang bersyahadat secara umum:

Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa 'afihim, wa'fu 'anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa'ata 'ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa'at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat."

Ada baiknya menutup doa kedua orang tua yang sudah meninggal dunia ditutup dengan membacakan doa sapu jagat, sholawat nabi, dan membaca surat Al Fatihah. 

Rabbana atina fid dunia hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina 'adzaban nar. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'an ma yashifuna, wa salamun 'alal mursalina, wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammadin, wa 'ala alihi, wa shahbihi, wa sallama, wal hamdulillahi rabbil 'alamin. Al-Fatihah. 

Artinya: "Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al Fatihah). 

3. Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

Ilustrasi orangtua

Photo :
  • Times of India

Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba'sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama. 

Artinya: "Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Apabila kedua orang tua kamu sedang sakit berat, maka dianjurkan untuk membaca doa berikut:

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli 

Artinya: "Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya."

4. Doa Kedua Orang Tua Supaya Panjang Umur

Ilustrasi merawat orang tua.

Photo :
  • U-Report

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati al ahyaa'I minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adhiimi. 

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Doa tersebut dapat dipanjatkan supaya Allah SWT meringankan beban kedua orang tua dengan menghapuskan dosa-dosanya. Karena, anak yang shalih doanya akan selalu didengar oleh Allah SWT. Selain itu, Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua meskipun sudah tiada.

Rasulullah SAW bersabda: “Telah datang seorang laki-laki (kepada Rasulullah saw) lalu ia bertanya: ‘Ya Rasulullah, masih adakah kebaikan yang dapat saya kerjakan untuk ibu bapak sesudah meninggalnya?’ Rasulullah menjawab:

‘Ya. Yaitu menyembahyangkan (jenazah) mereka, memintakan ampun kepada Tuhan, menyempurnakan janji mereka, memuliakan sahabat mereka, dan selalu bersilaturahmi dengan orang yang bertalian dengan mereka (kedua orang tua)'.” (HR Abu Daud).

Cara Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Ilustrasi membahagiakan orangtua.

Photo :
  • U-Report

Orang tua mempunyai peranan penting dalam pendidikan seorang anak, kamu dapat menanamkan bahwa menyayangi orang tua dapat dibuktikan dalam bentuk doa. Karena, tak ada anak yang tidak mencintai kedua orang tuanya, yang berbeda mungkin hanya dari bentuknya saja. 

Membentuk rasa cinta anak kepada orang tua akan menghindarkannya dari kemurkaan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua." (HR Tabrani).

Terdapat beberapa cara untuk berbakti kepada kedua orang tua yang dapat dibiasakan sejak kecil. Mulai dari menanamkan rasa sopan santun, mematuhi perintah kedua orang tua, tidak berkata kasar, menuruti nasihat keduanya, membantu pekerjaan orang tua, menjaga nama baik keluarga, menjaga dan merawat orang tua, terlebih ketika sedang sakit. 

Viral Video Seorang Istri Kaget Saat Terbangun Melihat Suaminya Melakukan Ini

Viral Video Seorang Istri Menangis Saat Terbangun Melihat Suaminya Melakukan Ini

 Viral video seorang istri membagikan momen terbaik dalam hidupnya. Penantian selama 14 tahun lamanya akhirnya terwujud berkat semua doa-doa dan kesabarannya.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024