6 Keutamaan Surat Al Baqarah, Dijauhkan Dari Sihir

Al-Quran
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Keutamaan surat Al Baqarah sangat beragam dan dianjurkan untuk mengamalkan surat Al Baqarah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu keutamaan surat Al Baqarah ini yaitu sebagai pelindung rumah agar tidak dimasuki oleh setan. 

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Membaca Al qur’an memiliki keistimewaan tersendiri. Setiap surat-surat Al qur’an memiliki keistimewaan masing-masing. Begitu juga halnya surat Al Baqarah. Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Bacalah oleh kalian surat Al Baqarah; karena mengambilnya adalah keberkahan dan meninggalkannya adalah kerugian, dan para tukang sihir tidaklah mampu (menggelincirkannya dari kebenaran).” (HR Muslim).

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Dengan demikian, membaca surat Al baqarah sangat memiliki banyak manfaat dan dianjurkan untuk diamalkan bagi setiap muslim. Lantas, apa saja keutamaan surat Al Baqarah? Simak ulasan selengkapnya berikut ini melansir dari islampos.

Keutamaan Surat Al Baqarah

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

1. Rumah tidak akan dimasuki setan

Keutamaan Surat Al Baqarah yang pertama yaitu rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan. Imam Ahmad, Muslim, at-Tirmidzi, dan an-Nasa’i meriwayatkan dari Suhail bin Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah bersabda: 
Janganlah kalian menjadikan rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah tidak akan dimasuki syaitan.” At-Tirmidzi mengatakan, “hadits ini hasan shahih.”

2. Penghafal surat Al Baqarah diangkat sebagai pemimpin

Keutamaan surat Al Baqarah yang kedua adalah penghafalnya paling layak akan diangkat sebagai pemimpin.

Rasulullah pernah mengutus utusan yang terdiri dari beberapa orang. Kemudian beliau memeriksa mereka. Selanjutnya beliau menguji hafalan al-Qur’an mereka masing-masing. Lalu beliau menghampiri orang yang paling muda usianya seraya bertanya: “Surat apa yang telah kamu hafal?” Orang itu menjawab: “Aku sudah hafal surat ini dan itu serta surat Al Baqarah.” 
Apakah kamu hafal surat al-Baqarah?” Tanya Rasulullah. Orang itu menjawab: “Ya, hafal.” Setelah itu beliau bersabda: “Berangkatlah, dan kamulah pemimpin bagi mereka. Kemudian salah seorang yang terpandang di antara mereka berkata:

Ya Rasulullah, demi Allah, sesungguhnya tidak ada yang menghalangiku mempelajari surat al- Baqarah melainkan karena aku khawatir tidak dapat mengamalkannya.” (Menurut at-Tirmidzi, hadits ini hasan.)

3. Mengundang Malaikat

Keutamaan surat Al Baqarah yang ketiga yaitu mengundang malaikat. Al-Bukhari meriwayatkan dari Usaid bin Hadhir r.a. dia berkata; pada suatu malam, tatkala ia membaca surat Al-Baqarah, sementara kudanya ditambatkan di dekatnya, tiba tiba kuda itu berputar. Ketika Usaid diam kuda pun diam. Kemudian ia membaca lagi, maka kuda pun berputar putar kembali. Ketika Usaid diam kuda pun diam. Usaid membaca kuda pun berputar putar.

Kemudian Usaid mendekatinya karena putranya, Yahya ada di dekat kuda. Dia mengkhawatirkan anaknya akan diterjang kuda. Setelah ia mengambil anaknya, dia menengadahkan kepalanya melangit hingga dia melihat sesuatu. Tatkala pagi tiba ia menceritakan kepada Rasulullah Saw.

Maka beliau bersabda, “Hai putra Hadhir, bacalah terus, Usaid berkata ” wahai Rasulullah aku kasihan kepada Yahya. Kuda itu dekat dengannya. Aku pun berhenti lalu menuju Yahya. Kemudian aku menengadahkan kepala ke langit. Tiba tiba di sana ada seperti bayangan yang mirip dengan beberapa lampu.
Setelah itu aku keluar rumah hingga aku tidak dapat melihatnya lagi. “Tahukah engkau, apa itu?” Tanya Rasulullah. “Tidak,” jawabnya. Beliau pun bersabda: “Itulah malaikat yang mendekati karena suara bacaanmu. Seandainya kamu terus membacanya, niscaya pada pagi hari esok manusia akan dapat melihat malaikat itu tanpa terhalang
.”(Ibnu Katsir jilid 1. Keutamaan Al-Baqarah)

4. Surat Al Baqarah ayat paling agung

Keutamaan surat Al Baqarah yang lainnya yaitu surat ini terdapat ayat al-Kursi yang merupakan ayat paling agung dalam al-Qur’an. Dari Ubay bin Ka’ab Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (kepadaku),
Wahai Abul Mundzir, apakah kamu mengetahui ayat apakah yang paling agung dalam al-qur’an yang ada padamu (yang kamu hafal)?”. Maka aku berkata: “(Ayat al-Kursi) Allah tidak ada sembahan yang benar kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri sendiri dan menegakkan makhluk-Nya…” (al-Baqarah: 255).

Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menepuk dadaku dan bersabda: “Demi Allah, ilmu akan menjadi kesenangan bagimu, wahai Abul Mundzir!” (HR Muslim)

5. Akan dicukupkan

Keutamaan Surat Al-Baqarah yang kelima yaitu dua ayat terakhir dari surah ini merupakan sebab dicukupkannya seorang hamba dari segala keburukan dan dimudahkan baginya banyak kebaikan. Dari Abu Mas’ud al-Badri Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, barangsiapa yang membacanya di malam hari maka dua ayat tersebut akan mencukupi baginya.” (HR Bukhari dan Muslim)

6. Dijauhkan dari sihir

Keutamaan Surat Al-Baqarah yang keenam: Menjadi syafaat, mendapatkan berkah dan dijauhkan dari sihir. Imam Ahmad meriwayatkan, dari Abu Umamah, ia berkata, aku pemah mendengar Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,
Bacalah Al-Qur’an, karena Al-Qur’an itu akan memberi syafaat bagi pembacanya pada hari kiamat kelak. Dan bacalah az-Zahrawain, yaitu surah al-Baqarah dan Ali Imran, karena kedua surat itu akan datang pada hari kiamat, seolah-olah keduanya bagai tumpukan awan, atau bagai dua bentuk payung yang menaungi, atau bagai dua kelompok burung yang mengembangkan sayapnya. Keduanya akan berdalih untuk membela pembacanya pada hari kiamat.” Hadits ini diriwayatkan juga oleh Muslim dalam kitab ash-Shalah.

Demikian ulasan tentang beberapa keutamaan surat Al Baqarah. Membaca surat Al Baqarah sangat dianjurkan agar mendapatkan keberkahan dan syafaat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Warga korban banjir di Tasikmalaya mengungsi ke masjid dan kantor desa

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024