5 Negara yang Punya Program Studi Bahasa Indonesia

Ilustrasi Bahasa Indonesia
Sumber :
  • http://lordbroken.wordpress.com/

VIVA - Negara yang punya program studi Bahasa Indonesia tentu menarik untuk ditelusuri. Seperti yang Anda ketahui Indonesia adalah negara terbesar keempat dan juga negara terpadat keempat di dunia. 

Edisi ke-27, Kejuaraan Dunia Golfpreneur Kembali di Gelar di Jakarta

Ini juga memiliki sejarah panjang sebagai bangsa lain dan yang paling penting terdiri dari heterogenitas. Kerumitan membuat belajar tentang bahasa Indonesia menarik sekaligus mengasyikkan. 

Sebagai warga Indonesia sendiri pun terkadang merasa sulit untuk memahami seluk beluk tentang pelajaran bahasa Indonesia. 

Gantikan Raisi yang Tewas usai Kecelakaan Helikopter, Iran Bakal Gelar Pilpres 28 Juni

Tapi justru tidak untuk beberapa negara di bawah ini. Beberapa negara berikut ini justru memiliki program studi Bahasa Indonesia. Lantas, negara mana sajakah itu?

1. Belanda

6 Tradisi Unik Menyambut Hari Pertama Masuk Sekolah di Berbagai Negara

Karena sejarahnya, Belanda dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat istimewa. Pengkajian bahasa Indonesia, termasuk bahasa (bahasa lokal), budaya, masyarakat, seni dan sebagainya sudah dimulai sejak zaman kolonialisme.

Anda tidak akan terkejut bahwa ada banyak kata Bahasa Indonesia yang Berasal dari Bahasa Belanda.

Ini juga merupakan tujuan utama pelajar Indonesia untuk belajar di luar negeri. Salah satu survei menyebutkan bahwa setidaknya 1 dari 10 orang Belanda memiliki hubungan dengan Indonesia, baik istri atau buyutnya atau bahkan memiliki pengalaman berbicara di Indonesia.

Alhasil, mereka paling tidak memahami dasar bahasa Indonesia. Selanjutnya, studi formal tentang Indonesia dapat ditemukan di Universitas Leiden karena mereka memiliki jurusan khusus tentang bahasa Indonesia, termasuk bahasa Jawa.

2. Inggris Raya

Inggris juga memerintah Indonesia pada tahun 1811–1816. Mereka juga memiliki minat khusus terhadap Kajian Indonesia, bahkan mereka memiliki British Library of Malay and Indonesian Manuscripts.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bahasa Indonesia, Anda bisa pergi ke SOAS (School of Oriental and African Studies), University of London.

3. Amerika Serikat

Meskipun bahasa Indonesia tidak memiliki hubungan langsung dengan Amerika Serikat pada masa penjajahan, bukan berarti tidak ada cara untuk mempelajari bahasa Indonesia. Padahal, ada banyak universitas yang menawarkan studi tentang bahasa Indonesia (termasuk linguistik/bahasa).

Selain itu, sebagian besar Kajian Indonesia termasuk ke dalam Kajian Asia Tenggara dan biasanya digabung dengan Kajian Melayu karena kesamaan sejarah bahasa dan budaya. Untuk pilihan belajar, Anda dapat menghadiri Cornell University, University of Michigan, University of Hawa'i' Manoa, Ohio University dan banyak lagi.

4. Australia

Sebagai negara tetangga Indonesia, tentunya studi tentang Indonesia menjadi penting di Australia mulai dari aktivitas kehidupan sehari-hari, perjalanan wisata, bisnis bahkan hubungan politik. Selain itu, banyak juga pelajar Indonesia yang pindah ke Australia untuk belajar atau bekerja.

Oleh karena itu, mungkin mempengaruhi pembelajaran tentang bahasa Indonesia juga. Bahkan banyak universitas yang menawarkan Studi Bahasa Indonesia (khususnya linguistik) atau memiliki Indonesian Center seperti University of Sydney, Monash University, Australian National University, University of Western Australia dan juga di beberapa Australian Senior High School! 

5. Jerman

Tahukah Anda bahwa bahasa Jerman juga memiliki minat khusus dalam Studi Indonesia meskipun mereka tidak pernah menguasai Indonesia? Salah satu Indonesian Center yang bisa Anda temukan adalah Hamburg.

6. Asia Timur: China, Jepang dan Korea Selatan

Selain pendidikan formal seperti di Tokyo University of Foreign Studies dan Hankuk University of Foreign Studies, Bahasa Indonesia cukup penting untuk dipelajari karena hubungan bisnis dengan Indonesia. Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar barang-barang impor, terutama dari ketiga negara tersebut (terutama produk masakan, teknologi, otomotif, dan perawatan kulit).

Oleh karena itu, belajar Bahasa Indonesia akan menjadi tiket emas untuk bisnis. Jika Anda berada di Indonesia, lihat saja di jalan, mal atau di mana saja. Anda akan menemukan tiga produk negara yang digunakan oleh orang Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya