24.765 Siswa Bersaing Masuk Unhas Jalur UTBK-SBMPTN 2022

Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • VIVAnews/Irfan

VIVA – Panitia Pelaksana Pusat Unhas menyebutkan sebanyak 24.765 peserta akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) di Universitas Hasanuddin.

Ketua Panitia Pusat UTBK Unhas Muh Restu di Makassar, Selasa, mengatakan Unhas sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap menyambut seluruh peserta dalam UTBJ-SBMPTN 2022.

Dalam rapat koordinasi menjelang pelaksanaan UTBK-SBMPTN, ia mengatakan tahun ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun demikian, panitia tetap perlu mengadakan pemeriksaan terkait dengan kesiapan, baik teknis maupun nonteknis.

“Kita perlu memastikan seluruh elemen kepanitiaan telah melaksanakan tugas dan fungsinya, terutama untuk memastikan proses UTBK-SBMPTN nanti dapat berjalan tanpa kendala, tidak ada kecurangan, dan seluruh pihak yang terlibat mengetahui peran dan tanggung jawabnya,” katanya, Selasa (10/5)

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2022 akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 17 Mei 2022. Pelaksanaan gelombang pertama akan berlangsung hingga tanggal 23 Mei 2022.

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK Unhas Wardi menjelaskan hingga saat ini kesiapan telah hampir maksimal. Rapat kali ini mendengarkan laporan dari masing-masing bagian kepanitiaan, yang secara umum tidak ditemukan kendala berarti.

Masing-masing bagian kepanitiaan memberikan laporan terkait kesiapan tenaga pengawas yang akan diturunkan, distribusi dokumen-dokumen ujian, kesiapan papan informasi dan penunjuk lokasi, kebutuhan perlengkapan di setiap ruangan, hingga kesiapan dukungan listrik dan pengamanan.

“Khusus untuk pengamanan jalannya ujian, kita akan menerapkan pengawasan berlapis. Kita sudah mengidentifikasi titik-titik mana saja yang potensial terjadinya kecurangan sehingga kita akan mengoptimalkan pemantauan pada titik-titik tersebut,” kata dia.

Sebagai bagian dari proses persiapan, menurut rencana Pusat UTBK Unhas akan melaksanakan sosialisasi pengawas pada hari Selasa (10/5), mulai pukul 10.00 Wita secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. (antara)

Kisah Inspiratif dari UTBK Unesa: Peserta Berinfus dan Pakai Selang Demi Menggapai Cita-cita
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Jakarta Buka Pendaftaran Mandiri Non-Reguler, Cek 6 Skema dan Syaratnya!

Enam skema seleksi UIN Jakarta tersebut adalah: jalur prestasi, talent scouting, pemerataan kesempatan di kawasan 3T, beasiswa BLU dan seleksi mahasiswa internasional.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024