10 Manfaat Membaca Surat Yasin, Dosa Diampuni Hingga Mati Syahid

Ilustrasi membaca al Quran
Ilustrasi membaca al Quran
Sumber :
  • Agan.id

VIVA – Manfaat membaca surat Yasin yang merupakan surat ke-36 dalam Al-Quran dan terdiri dari 83 ayat, diturunkan di kota Mekkah dan disebut sebagai surat Makkiyah. Isi atau kandungan surat yasin sangat luas. Seperti pokok keimanan, tanda kekuasaan Allah SWT, peringatan kematian, hari akhir dan kisah perjuangan para pendakwah.

Membaca ayat-ayat suci dalam Al-qur’an memiliki banyak manfaat dan manfaat, termasuk surat Yasin. Masyarakat Indonesia sering dibaca oleh masyarakat Indonesia, khususnya di malam Jum’at. Selain di hari tersebut, surat Yasin juga pasti dibacakan saat momen tahlilan orang yang berpulang ke Sang Khalid.

Sama dengan surat-surat lain yang terdapat di dalam Al-Qur’an, surat yasin memiliki keistimewaannya, kali ini Viva akan memberikan informasi mengenai manfaat dari membaca surat Yasin yang bersumber dari berbagai pelansiran sebagai berikut:

1. Dosa-dosa Diampuni

Fadhilah surat yasin yang pertama dijelaskan dalam riwayat hadist At Thabrani, ketika disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni. “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu.

2. Pembacanya Mati Syahid

Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid. “Barang siapa yang membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.Atthobroni, dari pernyataan Anas bin malik).