Singkat, Ini Penjelasan Isra Miraj

Rasulullah SAW
Rasulullah SAW
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penjelasan Isra Miraj yang selalu diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Pada hari Isra Miraj  telah terjadi sejarah penting, Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha

Peristiwa penting Isra Miraj adalah bahwa tidak ada pikiran akal manusia yang akan mampu menyamai atau bahkan mendekati kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

Peristiwa Isra Miraj, kaum muslimin mempercayainya karena sudah dijelaskan dalam Al Quran. Ketika sains mencoba menjelaskan nya banyak kebenaran Al Quran yang telah terbukti.

Kisah perjalanan Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW telah dijelaskan dalam surah Al-Isra’ ayat 1 yang memiliki arti Maha suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar Kami menunjukkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (Q.S Al Isra’:1)

Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa Nabi Muhammad menempuh perjalanan dari masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa di Yarussalem. Kemudian perjalanannya menunju Sidratul Muntaha atau langit ketujuh.

Sebelum melakukan perjalanan Isra Miraj dan mendapatkan perintah salat lima waktu, Nabi Muhammad mengalami tahun yang penuh kedukaan. Tahun itu disebut dengan nama Amul Huzni.

Amul Huzni ini erat dengan peristiwa Isra Miraj yang dialami Nabi Muhammad pada 27 Rajab, tahun 10 kenabian. Salah satu yang membuat beliau dekat adalah karena beliau ditinggalkan oleh dua orang yang begitu beliau dikasihi.