UPN Veteran Jakarta Gelar Seleksi Jalur Hafidz Alquran dan YouTuber

UPN Veteran Jakarta Gelar Seleksi Jalur Hafidz Alquran dan YouTuber
UPN Veteran Jakarta Gelar Seleksi Jalur Hafidz Alquran dan YouTuber
Sumber :
  • upnvj.ac.id

VIVA – Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali menggelar uji keterampilan bagi calon mahasiswa Seleksi Mandiri 2022 melalui jalur prestasi bidang hafidz Al-Quran dan YouTube Content Creator.

"UPNVJ merupakan kampus yang memberikan wadah dan apresiasi kepada seluruh calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi diatas rata-rata, khususnya Hafidz Al-Quran dan YouTuber," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Anter Venus dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (3/7).

Disampaikan, jalur prestasi itu diikuti 18 hafidz Alquran dan satu YouTuber di Kampus UPNVJ Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu (2/7).

Ia menambahkan, untuk Hafidz Alquran akan dinilai langsung oleh ustadz atau dosen yang memang berkompeten di bidangnya, sedangkan YouTuber juga akan diuji oleh tim penilai yang juga ahli.

Venus mengemukakan Hafidz Alquran akan diuji tentang hafalan Alquran, sedangkan uji keterampilan terhadap YouTube Content Creator difokuskan pada cara pengambilan gambar, penyuntingan video, konten atau isi, dan orisinalitas video yang diunggah di akun YouTube.

Dijelaskan, UPNVJ memiliki tiga jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang sarjana (S-1), yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Seleksi Mandiri dibagi menjadi dua jalur, yaitu jalur akademik, yang menyeleksi berdasarkan nilai UTBK, dan jalur prestasi, yang menggabungkan nilai UTBK dengan prestasi akademik maupun nonakademik.

Prestasi yang dapat digunakan meliputi prestasi bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni peringkat pertama hingga ketiga baik di tingkat provinsi, nasional, dan internasional dalam tiga tahun terakhir.

Selain itu, prestasi lainnya adalah ketua OSIS yang menjabat paling kurang satu periode serta Hafidz Alquran dan Youtube Content Creator.

Hafidz Alquran yang dapat mengikuti Seleksi Mandiri jalur prestasi minimal memiliki hafalan Alquran 20 juz, sedangkan YouTube Content Creator minimal memiliki 10.000 subscribers.

Khusus untuk pendaftar Seleksi Mandiri jalur prestasi bidang Hafidz Alquran dan Youtube Content Creator diadakan uji keterampilan untuk mengetahui kemampuan calon mahasiswa. (antara)