10 Dewa dan Dewi Yunani Kuno yang Sangat Dikenal Dunia

Zeus dalam mitologi Yunani
Sumber :
  • Mythopedia

VIVA – Dewa dan Dewi Yunani kuno yang sampai sekarang tetap populer dikalangan masyarakat luas, hingga sering diangkat ke dalam berbagai bentuk hiburan populer seperti film, musik dan game.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Dewa dan dewi itu ternyata memiliki latar belakang kenapa menjadi sangat terkenal. Untuk kali ini Viva menajabarkan Dewa dan Dewi berdasarkan kombinasi kekuatan, popularitas, dan posisi dewa dalam jajaran sebagai berikut.

10. Artemis, Dewi Perburuan

Aturan Unik Olimpiade Kuno Yunani: Semua Atlet Harus Telanjang!

Roket raksasa Artemis akan diluncurkan oleh NASA

Photo :
  • AP Photo/John Raoux)

Cerita Dewi ini bermula dari saudara kembar Apollo, Artemis membiarkan saudaranya memetik senar kecapi; dia jauh lebih tertarik untuk memetik senar busur.

Fenomena Cahaya Misterius Sebelum Gempa Maroko Berasal dari Zaman Yunani, Kok Bisa?

Selain menjadi Dewi Perburuan, dia juga seorang dewi kesuburan dan persalinan, trik yang rapi untuk seseorang yang dikenal sebagai dewi perawan. Artemis paling bahagia jauh dari Olympus, ketika dia bisa berlari mengelilingi hutan, berburu dengan bidadari perawannya. Bekerja untuk kita.

9. Hermes, Dewa Pencuri dan Pengembara

Dewa Yunani.

Photo :
  • U-Report

Utusan para dewa, Hermes cukup penipu. Sebagai bayi, dia membuat marah kakaknya Apollo dengan diam-diam mencuri semua ternaknya. Untungnya, Hermes menciptakan kecapi untuk Apollo, yang menghaluskan segalanya.

Kemudian, Hermes mengambil pekerjaan dan menemani jiwa-jiwa mati ke dunia bawah. Dia dikenal karena gayanya yang khas, biasanya memakai topi bersayap dan membawa lambang kau tahu, tongkat dengan sayap dan ular melilitnya.

8. Afrodit, Dewi Cinta

Thor: Love and Thunder.

Photo :
  • IMDb

Terlahir dari buih laut, Aphrodite memiliki sifat terus terang dan keren. Begitu panas sehingga Zeus dengan cepat menikahkannya dengan putranya Hephaestus, agar para dewa lainnya tidak memperebutkannya.

Tapi Dewi Cinta ini lebih memilih kakak iparnya, Ares, Dewa Perang. Pasti dibuat untuk menikah dan melakukan makan malam keluarga yang menarik.

7. Ares, Dewa perang

Untung Aphrodite menyukai Ares, sikapnya yang kejam dan wataknya yang suka berperang, para Olympian lainnya cenderung menganggapnya agak sulit untuk ditangani.

Dia biasanya bergaul dengan beberapa dewa yang kurang ramah, seperti dewa ketakutan, Dewa teror dan dewi perselisihan. Hal ini membuktikan bahwa cinta lebih kuat dari perang, anak Ares dan Aphrodite adalah Harmonia, yaitu dewi Harmoni.

6. Apollo, Dewa Musik dan Cahaya

Roket Apollo 11 meluncur ke angkasa luar

Photo :
  • NASA

Apollo merupakan Dewa paling tampan dari para dewa, Apollo menjaga tangannya dalam segala hal, selain musik dan cahaya, dia juga terkait dengan ramalan, pengobatan, wabah, puisi, dan banyak lagi.

Orang-orang Yunani mengadakan Pertandingan Pythian setiap empat tahun untuk menghormati Apollo, hal ini akhirnya menjadi apa yang kita kenal sebagai Olimpiade. Jadi jika kamu ingin negara kamu membawa pulang emas, sedikit pengorbanan untuk Apollo mungkin bisa dilakukan.

5. Hera, Dewi Pernikahan

Ratu Dewa Olympian, Hera adalah Dewi Perkawinan, tetapi itu tidak menghentikan suaminya Zeus untuk berselingkuh setiap kali dia berbalik.

Hera merupakan pendendam dan tanpa ampun menghukum para wanita yang diajak bermain oleh Zeus dan juga anak-anak mereka. Tapi dia dihormati oleh orang Yunani, yang menghormati keunggulannya di Olympus dan pentingnya sebagai simbol keluarga.

4. Hades, Dewa Dunia Bawah

Penguasa orang mati, Hades bukan salah satu Dewa kehidupan akhri kehidupan. Hades akan menemani seseorang dengan kondisi menghabiskan sebagian besar waktunya di alam gelap tanpa matahari dengan jiwa-jiwa yang mengerang sebagai teman dan renungan .

3. Athena, Dewi Kebijaksanaan

Athena

Photo :
  • unsplash,com

Seperti Aphrodite, Athena memiliki kelahiran yang tidak biasa, ketika Zeus mengeluh sakit kepala hebat, Hephaestus membelah kepalanya dengan kapak dan keluarlah Athena, Dewi Kebijaksanaan.

Nah itulah cara membuat pintu masuk! Athena adalah pelindung kota Athena, yang kepadanya dia memberikan hadiah paling berharga, pohon zaitun. Mungkin masakan Yunani akan jauh lebih miskin tanpa dia dan zaitun.

2. Poseidon, Dewa Laut

Poseidon

Photo :
  • Wikipedia Common

Dewa Poseidon adalah salah satu karakter yang murung. Suatu hari dia dengan senang hati menciptakan pulau-pulau kecil di lautan yang halus seperti kaca, hari berikutnya semua badai dan gempa bumi.

1. Zeus, Dewa Langit

Ratu Sparta, Leda, dan Zeus yang menyamar sebagai angsa.

Photo :
  • https://www.iflscience.com

Zeus, Raja para Dewa, bahkan lebih kuat dari saudaranya Poseidon. Dia memiliki kecenderungan untuk melontarkan halilintar. Zeus memerintah Olympus dengan tangan yang kuat untuk merusak dan mencintai istrinya Hera.

 Nah, Itu Dewa dan Dewi yang terkenal di dunia Ini, bagaimana menurutmu?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya