10 Jurusan SMK dengan Prospek Karier Menjanjikan

Siswa SMKN 1 Malang melakukan live streaming laga uji coba Arema FC Vs PSIS
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Edukasi – Memiliki jenjang setara dengan SMA, pada sistem pendidikan SMK, peserta didik akan lebih banyak terjun langsung pada praktik penerapan. Di SMK peserta didik juga disajikan lebih banyak pilihan jurusan yang bisa diambil.

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Tidak hanya itu, kini SMK sudah banyak mencetak tenaga terampil yang siap kerja. Kelak mereka tidak hanya bekerja sebagai karyawan, namun kemampuannya selama praktik di sekolah juga dapat diterapkan langsung untuk berwirausaha.

Peserta didik SMK sudah dikemas dan difokuskan pada praktik kerja nyata di lapangan. Setelah lulus mereka cenderung lebih siap terjun ke dunia kerja sungguhan. Terlebih kualitas SMK di Indonesia kini sudah sangat berkembang baik.

Tren Investasi sektor Industri Terus Naik, Sinergi Kebijakan Instansi Pemerintah Jadi Sorotan

Berikut VIVA telah merangkum 10 jurusan SMK dengan prospek karier menjanjikan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ulasannya:

1. Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Teknik Komputer dan Jaringan merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet.

Banyaknya praktik yang dilakukan di sekolah, jurusan satu ini kerap kali mencetak anak-anak dengan kesiapan mental yang matang untuk terjun langsung ke dunia kerja. Selain itu, kemampuan yang mereka miliki juga dapat digunakan untuk berwirausaha.

2. Desain Grafis dan Multimedia

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk topografi, pengolahan gambar, dan page layout.

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link).

Tujuan desain grafis dan multimedia adalah menerangkan bagaimana cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui media visual yang menggunakan gambar sebagai fasilitas untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan sejelas-jelasnya.

Jika berminat dengan jurusan ini, setelah lulus, kamu dapat memahami pekerjaan seorang web designer atau graphic designer. Selain itu dalam dunia film kamu juga dapat mencoba menjadi animator atau illustrator sebuah karya film.

3. Akuntansi

Akuntansi merupakan ilmu yang mempelajari proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.

Peserta didik yang telah mengikuti dan menyelesaikan jurusan ini, biasanya akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan sebagai staf akuntan di perusahaan atau instansi pemerintah. Gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate juga sangat menggiurkan.

Ilustrasi akuntansi

Photo :
  • www.pixabay.com/stevepb

4. Mesin dan Otomotif

Teknik pemesinan merupakan jurusan yang mempelajari tentang energi dan sumber energinya. Hal-hal yang dipelajari dalam teknik mesin berkaitan dengan penggerak-penggerak awal seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa, kompresor, pendingin, pemanas serta alat-alat kimia lainnya.

Jurusan mesin dan otomotif selalu menjadi incaran para pelajar yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah. Di samping bekerja pada bidang industri otomotif, kamu juga berpeluang masuk di dunia penelitian, pendidikan atau berwirausaha. Kamu juga dapat menjadi seorang teknisi di industri otomotif, modifikator dan operator alat berat.

5. Pemasaran

Marketing atau pemasaran merupakan program studi yang akan mempelajari tentang berbagai hal yang berhubungan dengan penjualan produk, seperti: perencanaan, pengembangan konsumen, segmentasi dan analisa pasar, metode periklanan dan promosi dan sebagainya.

Marketing dapat dikatakan sebagai ujung tombak sebuah perusahaan karena berhubungan dengan operasional perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa kepada konsumen, maka dari itu, peluang kerja jurusan inipun terbilang besar.

6. Broadcasting

Broadcasting (Penyiaran) adalah jurusan yang mempelajari perencanaan produksi konten, proses siaran radio dan televisi, teknik pengambilan gambar, teknik olah suara, penyuntingan foto dan video, hingga penggunaan aplikasi multimedia.

Peluang kerja bagi peserta didik yang menyelesaikan jurusan ini juga terbuka lebar di industri media. Kamu bisa menjadi seorang news anchor, tim creative, reporter, produser, script writer, sutradara, camera person, floor director, program director, penata cahaya, penata musik, editor dan announcer.

7. Administrasi perkantoran

Jurusan ini akan mempelajari tentang pengetahuan mengelola hal-hal yang berkaitan dengan fungsi administratif dalam sebuah kantor atau lembaga. Jurusan Administrasi Perkantoran juga akan diajarkan bagaimana cara menerapkan fungsi-fungsi manajemen, perencanaan, pengawasan dan juga pengorganisasian.

Peluang kerja di era sekarang juga masih terbuka lebar, peserta didik dapat menjadi seorang resepsionis di start up, staf administrasi di instansi pemerintah atau bahkan bisa menjadi asisten pribadi kenegaraan.

8. Pelayaran

Jurusan pelayaran mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Padahal saat ini sudah banyak sekolah khusus pelayaran dengan berbagai jurusan yang berhubungan dengan pelayaran dan kelautan. Peluang kerja lulusan pelayaran juga cukup besar dengan gaji yang menjanjikan.

Peluang kerja yang ditawarkan juga cukup luas, peserta didik dapat menjadi nahkoda, pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan, pelabuhan, industri perikana, perusahaan minyak dan gas bumi dan banyak lagi.

9. Perhotelan

Jurusan Perhotelan akan mempelajari beberapa ilmu studi, termasuk manajemen bisnis, marketing (pemasaran), public relations (humas), event management dan pariwisata. Semua aspek operasional yang berada di hotel dan industri makanan, seperti restoran dan kafe merupakan bagian dari manajemen hotel.

Peluang kerja juga masih terbuka lebar, peserta didik dapat menjadi resepsionis, housekeeping, controller, plant engineer, marketing dan lain-lain.

10. Tata Boga

Jika berminat mengikuti jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu tentang bagaimana teknik untuk menyajikan makanan dengan memperhatikan beberapa faktor yaitu estetika atau keindahan, kualitas rasa masakan, serta nilai kebutuhan gizinya.

Setelah lulus, peserta didik biasanya akan bekerja di restoran sebagai Koki eksekutif. Manajer dapur. Sous-chef. Koki stasiun. Juru masak. Asisten juru masak. Bahkan berwirausaha dengan membuka bisnis catering juga sangat menggiurkan.

Logo Mahkamah Agung.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Perusahaan pengolahan hasil laut dengan orientasi ekspor, PT Bumi Menara Internusa (BMI) mengajukan PK atas gugatan sengketa lahan pabrik di Malang ke Mahkamah Agung

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024