Mengenal Sistem Peredaran Darah Manusia Beserta Fungsi & Organnya

Ilustrasi darah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA EdukasiSistem peredaran darah manusia tentu menjadi salah satu hal yang penting dalam tubuh. Sistem peredaran darah manusia adalah suatu sistem organ yang fungsinya memindahkan zat ke sel dan dari sel dalam tubuh manusia. Sistem ini yang menjamin kelangsungan hidup organisme. Dengan kata lain, sistem ini memiliki peran yang amat vital dalam tubuh.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Fungsi Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah juga bisa disebut sebagai sistem kardiovaskular. Sistem ini adalah bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah. Tugas utamanya adalah untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Selain mengedarkan oksigen dan nutrisi, sistem peredaran darah masih punya beberapa fungsi penting lainnya, seperti:

- Membantu stabilitas suhu dan pH tubuh. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

- Mempercepat proses pemulihan luka.

- Mempertahankan fungsi berbagai sistem organ di dalam tubuh.

- Mengeluarkan sisa proses metabolisme, contohnya seperti karbon dioksida melalui paru-paru.

- Menyalurkan berbagai hormon ke seluruh tubuh. 

Selain itu, sistem peredaran darah manusia berfungsi untuk mengalirkan sisa proses metabolisme berupa karbon dioksida untuk dikeluarkan melalui paru-paru dan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Nah, dari sedikit penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa sistem peredaran darah manusia berperan penting dalam mempertahankan kinerja dan fungsi berbagai sistem organ di dalam tubuh. Sistem peredaran darah manusia tersusun atas pembuluh darah dan beberapa organ lainnya sebagai berikut ini:

1. Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung ini terletak di bagian tengah rongga dada, tepatnya di bagian belakang sisi kiri tulang dada.

Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sedikit lebih besar dari satu kepalan tangan pada umumnya. Sistem peredaran darah manusia dapat berjalan lancar dengan adanya jantung.

2. Pembuluh darah

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem peredaran darah yang berfungsi untuk mengedarkan darah dari jantung ke berbagai organ dan jaringan tubuh maupun sebaliknya. Ada dua jenis pembuluh darah di dalam tubuh, yaitu: 

- Arteri, yaitu pembuluh darah yang bertugas membawa darah kaya akan oksigen dari jantung menuju seluruh jaringan dan organ tubuh, kecuali pembuluh arteri pulmonalis

- Vena, yaitu pembuluh darah yang berfungsi untuk membawa darah dari seluruh tubuh atau dari paru-paru untuk kembali ke jantung

3. Darah

Darah adalah komponen yang terpenting dari sistem peredaran darah manusia. Darah inilah yang berperan sebagai pembawa nutrisi, oksigen, hormon, serta antibodi ke seluruh tubuh.

Tak hanya itu, darah juga mengangkut zat beracun dan sisa-sisa metabolisme seperti karbondioksida, untuk dikeluarkan dari tubuh. Darah manusia terdiri atas beberapa bagian, yang meliputi Plasma darah, Sel darah merah, Sel darah putih, dan Keping darah. 

Darah manusia terdiri atas beberapa bagian, yaitu:

- Plasma darah merupakan cairan berwarna kekuningan yang mengandung berbagai zat penting, seperti antibodi, hormon dan protein.

- Sel darah merah (eritrosit) bertindak sebagai pembawa oksigen dan karbon dioksida.

- Sel darah putih (leukosit) merupakan komponen utama dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan benda asing yang berbahaya, seperti zat beracun dan kuman, lalu melawannya agar tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.

- Keping darah (trombosit) dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang proses pembekuan darahsaat terjadi luka atau cedera.

Tiga Jenis Sirkulasi Darah

Nah, pada sistem peredaran darah manusia, ternyata terdapat tiga jenis sirkulasi. Ketiga sirkulasi tersebut adalah :

Sirkulasi Sistemik

Sirkulasi sistemik merupakan sirkulasi darah yang mengaliri seluruh tubuh. Sirkulasi ini berlangsung ketika darah bersih yang mengandung oksigen mengisi serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis, setelah melepaskan karbon dioksida di paru-paru.

Darah yang sudah berada di serambi kiri kemudian diteruskan ke bilik kiri jantung untuk disalurkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah utama (aorta).

Setelah itu, darah yang dipompa melewati aorta akan terus mengalir hingga ke bagian paling ujung di seluruh area tubuh. Darah lalu akan kembali menuju serambi kanan jantung untuk mengalami proses pembersihan darah.

Sirkulasi Pulmonal

Sirkulasi pulmonal atau sirkulasi paru merupakan sirkulasi darah dari jantung menuju paru-paru dan sebaliknya. Sirkulasi ini berlangsung saat darah yang mengandung karbon dioksida dari sisa metabolisme tubuh kembali ke jantung melalui pembuluh vena besar (vena cava).

Selanjutnya, darah tersebut akan masuk ke serambi kanan dan diteruskan ke bilik kanan jantung. Setelah itu, darah akan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis untuk ditukar dengan darah kaya oksigen.

Darah yang kaya oksigen tersebut akan kembali ke serambi kiri jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Sirkulasi Koroner

Sama seperti organ tubuh lain, jantung juga membutuhkan asupan oksigen dan nutrisi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke otot-otot jantung akan dialirkan melalui pembuluh arteri koroner.

Ketika pembuluh darah jantung tersumbat (aterosklerosis), aliran darah di jantung akan mengalami gangguan. Hal ini bisa membuat otot-otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi, sehingga fungsinya terganggu dan lama-kelamaan bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024