Kenali Teks Cerpen! Ciri dan Contohnya

Ilustrasi cerpen remaja
Sumber :
  • pixabay/Ramdlon

VIVA EdukasiTeks Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek, sesuai namanya maka tentu saja isi cerpen umumnya tidak sampai puluhan ribu kata atau kurang dari 10 halaman.

3 Cerpen Tentang Kehidupan, Siapkan Tisu untuk Membacanya

Berikut ini akan disajikan berbagai contoh teks cerpen, sehingga kamu lebih mengenal seperti apa cerpen dengan berbagai tema itu. Namun, sebelumnya itu, kamu juga perlu mengetahui, ciri-ciri khusus cerpen.

Ciri-ciri Cerpen

Struktur Cerpen yang Wajib Diketahui, Lengkap dengan Contohnya

Cerpen anak

Photo :
  • pixabay

Selain memiliki jalan cerita lebih pendek jika dibandingkan dengan cerita dalam bentuk novel, novel ini biasanya berisi hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sebuah puisi umumnya tidak akan menggambarkan karakter dari tokohnya secara menyeluruh, karena sejatinya nilai ini hanya menunjukkan intisari saja.

Cerpen Motivasi: Pengertian, Tips Menulis, Contoh Cerpen Motivasi

Ciri-ciri puisi berikutnya adalah penggunaan kata yang terbilang sederhana dan mudah dijangkau oleh pembaca. Selain itu, cerpen biasanya juga ditampilkan dalam satu jenis peristiwa dan alurnya pun tunggal.

Pada dasarnya untuk lebih mudah memahami nilai-nilai adalah dengan melihat langsung contoh teks dari nilai itu sendiri, seperti yang tersaji di bawah ini.

Contoh Teks Cerpen Motivasi

Pagi itu seperti biasa pak Ali berdagang buah di pasar, sudah beberapa hari ini sebenarnya dagangan pak Ali cukup sepi pembeli, bahkan kemarin terpaksa hanya bisa memberikan uang belanja ke istri dalam jumlah yang tidak sering. Namun, hari ini tetap bersemangat pergi ke pasar untuk berdagang.

Sebelum sampai di pasar, di tengah jalan, pak Ali bertemu dengan seorang nenek tua yang tampak kebingungan. Pak Ali langsung menghampiri nenek itu dan bertanya “Ada apa nek, kok kelihatannya bingung? Apa ada yang bisa saya bantu?” Nenek itu menjelaskan bahwa ia ingin pulang namun biayanya tidak cukup. Melihat nenek tua itu, akhirnya pak Ali memberikan ongkos nenek untuk pulang kampung.

Cerpen Sayembara Gajah Putih

Photo :
  • U-Report

Nenek tua itu pun mengucapkan terima kasih sambil berdoa semoga rezeki pak Ali selalu lancar. Pak Ali hanya bisa berterima kasih dan berterima kasih atas doa dari nenek itu. Setelah mengantarkan nenek naik ke bus, pak Ali langsung pergi ke pasar, dan ternyata ada beberapa orang yang menunggu di depan kios buahnya. Terbukti bahwa kemurahan hati seseorang ke sesamanya akan memberikan berkah.

Contoh Teks Cerpen Tentang Cinta

Santi bekerja sebagai seorang perawat di sebuah klinik, untuk menjadi seorang perawat itu adalah impiannya sejak dulu yang kini telah terwujud. Meskipun Santi merasa bahwa pekerjaan itu menyenangkan, namun beberapa hari ini ia cukup terganggu karena beberapa kali telepon secara misterius menemukan dirinya.

Seperti biasa Santi bekerja hingga malam dan sesampainya ia di rumah, tiba-tiba orang tua Santi memanggilnya untuk terhubung di ruang keluarga. Tanpa menunggu lama, ibu langsung meminta Santi untuk bertemu dengan anak sahabatnya. Mendengar keinginan sang ibu, Santi malah langsung pergi untuk membuat teh hangat di dapur menolak permintaan ibunya itu.

ilustrasi pasangan pria dan wanita

Photo :
  • Pixabay/ Pexels

Namun, setelah ia selesai membuat teh dan kembali ke ruang keluarga, ayahnya langsung mengatakan bahwa ia ingin segera menimang cucu. Tentu saja, Santi terkejut mendengar ayahnya itu hingga ia hampir tersedak saat minum teh yang baru dibuatnya itu. Meskipun demikian, Santi tak perlu menerima pujian itu, namun apa yang dikatakan oleh ayahnya membuat Santi tak bisa tidur malam.

Esok setiap harinya, rekan kerja Santi di klinik kembali mengabari bahwa ada pria yang menelepon dirinya. Setelah klinik tutup, Santi pulang, sesampainya di rumah ia banyak orang duduk di ruang tamu dan melihat-bincang-bincang dengan kedua orang tuanya. Santi sebenarnya enggan masuk ke rumah namun mau bagaimana lagi pintu masuk rumahnya hanya satu.

Mau tidak mau Santi akhirnya masuk ke rumah sambil tersenyum kecil lalu langsung masuk ke dapur. Di dapur ia melihat adiknya sedang membuat kopi dan teh untuk para tamu yang ada di ruang tamu. Salma tanpa ditanya langsung berkata “Kak, itu yang di ruang tamu calon keluarga baru kakak lho”. Mendengar apa yang dikatakan adiknya itu, tentu saja Santi kaget sebenarnya ia merasa ada seorang pria muda sekalipun yang menyenangkan hati.

Tak berapa lama, ibu memanggil Santi untuk ke ruang tamu dan kemudian ibu langsung memperkenalkan Santi dengan para tamu tersebut yang ternyata adalah keluarga sahabat yang diceritakan kemarin. Andre anak dari sahabat ibu langsung memperkenalkan diri dan ternyata benar-benar pernah Andre adalah teman SMA Santi yang ditaksirnya.

Tak disangka, pria yang pernah ditaksirnya semasa di bangku sekolah itu kini datang melamarnya. Selain itu ternyata penelepon misterius yang selama ini mencari Santi di klinik itu adalah Andre. 6 bulan berlalu, akhirnya Santi dan Andre menikah, aura bahagia begitu terpancar dari kedua sejoli yang kini resmi bersanding di pelaminan itu.

Contoh Teks Cerpen Humor

Tania dan Amanda adalah dua orang sahabat yang selalu pergi ke sekolah bersama. Pagi itu, tiba-tiba Amanda bertanya ke Tania tentang tipe idaman Andi. Tania memang cukup dekat juga dengan Andi, sambil tersenyum Nia menjawab bahwa settahu dia, Andi tipe idamannya tidak berlebihan, yaitu cewek yang cantiknya natural.

Amanda pun tersenyum mendengar jawaban Tania, “Hmmm berarti Andi gak suka cewek yang hobby dandan, tapi bagaimana cara paling cepat untuk bisa tetap terlihat cantik secara alami tanpa make up tebal?” Tania langsung menyarankan Amanda untuk mencoba masker bengkoang untuk mencerahkan kulit dan scrub gula pasir untuk membuat bibir terlihat merah merona.

Ilustrasi ketawa

Photo :
  • Pixabay.com

Amanda langsung tertarik untuk mencoba saran Tania. Beberapa hari kemudian, Amanda merasakan efek dari masker bengkoang yang berhasil membuat wajah terlihat lebih cerah dan bekas jerawatnya sudah mulai menghilang. Namun, ia belum mencoba scrub gula pasir dan baru nanti malam ia akan memulai.

Namun, keesokan harinya setelah mencoba scrub gula pasir di sekolah Tania kaget melihat Amanda, karena bibir Amanda terlihat merah tapi merahnya tidak wajar dan malah membuat Amanda terlihat lucu. Amanda yang melihat Tania tertawa, semakin cemberut dan langsung melihat bahwa melihat lucu itu akibat ia mencoba ide Tania untuk menggunakan scrub gula pasir saat tidur.

Akibat dari scrub gula pasir itu sebenarnya cukup manjur untuk memerahkan bibir dalam waktu singkat, sebab saat lengkap dengan scrub gula pasir di bibir, membuat semut menggigit bibir Amanda hingga sekarang terlihat seksi memerah seperti itu.

Bimbingan Menulis Maxnovel (Doc: Istimewa)

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

MaxNovel bersama dengan berbagai universitas di Indonesia, termasuk LP3I, bekerja sama dalam rangka memberdayakan kemampuan para penulis muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024