SMP Negeri 14 Singkawang Juara 1 LCC Empat Pilar Kebangsaan

Pemenang Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan
Sumber :
  • antara

VIVA Edukasi – Sejumlah siswa tingkat SMP dan SMA di Singkawang mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kebangsaan yang digelar  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, Kalimantan Barat.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

"Lomba ini digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang dalam rangka memperingati HUT Pemkot ke-21 tahun 2022. Saya merasa senang dan bangga walaupun sudah cukup lama tidak digelarnya lomba seperti ini, namun anak-anak baik tingkat SMP maupun SMA begitu antusias, di mana keberanian mereka di sesi cepat tepat atau rebutan mereka sangat luar biasa," kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie di Singkawang, Rabu (19/10).

Menurutnya, kesiapan mereka menunjukkan bahwa mereka menginginkan lomba-lomba seperti ini. "Maka itu saya harapkan kepada Dinas Pendidikan dan guru untuk bisa memotivasi anak-anak kita dengan mengadakan lomba seperti ini, sehingga mereka bisa lebih giat dan menguasai semua pelajaran," tuturnya.

Dia meminta kepada Dinas Pendidikan Singkawang untuk menjadikan lomba ini rutin digelar setiap tahun.
"Semua sekolah diharuskan ikut, bila perlu siswa tingkat SD juga boleh diikutsertakan," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, Asmadi mengatakan secara keseluruhan lomba cerdas cermat se-Kalbar ini diikuti sebanyak 66 sekolah, dengan rincian siswa SMP/MTs sebanyak 41 sekolah dan siswa SMA/SMK/MA sebanyak 25 sekolah.

"Menurut pandangan saya secara keseluruhan kemampuan anak hampir merata," katanya.

Meskipun ada beberapa titik-titik lemah yang harus menjadi perhatian bagi guru yang mengampu di bidang empat pilar kebangsaan.

"Terutama di bidang amendemen UUD 1945. Karena amendemen UUD 1945 pada bagian batang tubuhnya itukan sudah beberapa kali menjadi perubahan. Jadi kalau kita tidak mengikuti otomatis akan keteteran," tuturnya.

Namun, katanya, semangat berlomba mereka sebagai luar biasa. Dia berharap, lomba ini ke depannya semakin banyak diikuti sekolah di Kalbar.

"Ini baru pertama kali kita gelar dalam rangka menerjemahkan Kurikulum Merdeka yaitu profil Pancasila," katanya.

Juara LCC tingkat SMA/SMK/MA dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh juara pertama, SMA Santo Ignatius Singkawang juara kedua, dan SMA Negeri 1 Tebas juara tiga.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs, yakni SMP Negeri 14 Singkawang juara pertama, SMP Negeri 4  juara kedua, dan SMP Torsina 1 Singkawang juara ketiga. (ANTARA)

Ilustrasi kekerasan seksual.

Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

Nasib malang dialami seorang perempuan berusia 13 tahun di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, yang menjadi korban pemerkosaan.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024