4 Fakta Unik Rumah Adat Madura Taneyan Lanjhang, Miliki Falsafah Kehidupan

Rumah Adat Madura Taneyan Lanjhang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Rumah adat Madura bernama Taneyan Lanjhang memiliki arti halaman yang panjang. Ini adalah rumah masyarakat asli Madura yang terdiri dari kumpulan rumah yang didiami beberapa keluarga, tapi masih ada di dalam satu keluarga.

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Rumah adat Madura ini terinspirasi dari nilai falsafah kehidupan sosial budaya mereka yang memang terkenal kuat dalam hubungan kekerabatan. Maka, tidak mengherankan bahwa rumah adat Madura ini merupakan hunian yang mencakup mulai dari dua hingga sepuluh kepala keluarga.

Rumah Adat Madura Taneyan Lanjhang

Photo :
  • Istimewa
Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Nah, untuk mengetahui fakta unik rumah adat Madura ini, Viva berikan ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

Tata Letak Rumah Adat Madura

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Rumah Adat Madura Taneyan Lanjhang

Photo :
  • Istimewa

Berdasarkan denah, bangunan dari rumah adat Madura dibagi dua, yakni slodoran dan sedana. Untuk slodoran, denah bangunan terdiri dari satu ruangan dengan dua pintu, satu beranda, serta satu pintu keluar. Sementara itu, sedana terdiri dari dua ruangan dan dua pintu, serta hanya memiliki satu beranda dan satu pintu keluar saja.

Demikianlah fakta-fakta unik tentang rumah adat Madura yang sangat menarik untuk diketahui. Jika kamu memiliki kesempatan untuk liburan ke Madura, jangan lupa untuk mengunjungi rumah adat yang berada di sana ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya