Menilik Bahaya dan Penyebab Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol .
Ilustrasi kolesterol .
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Edukasi – Meski sering dianggap sebagai salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya, faktanya lemak darah juga memiliki manfaat bagi tubuh. Hanya saja, jika jumlahnya terlampau tinggi memang dapat berisiko bagi kesehatan tubuh.

Jika tidak segera ditangani, hal ini bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius. Nah, berikut definisi, penyebab, bahaya dan cara mengatasi kolesterol yang perlu Anda tahu yang dilansir dari berbagai sumber.

Definisi Lemak Darah atau Kolesterol

Lemak darah adalah kolesterol yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh. Setidaknya ada sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel hati. Secara garis besar tubuh memang membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. 

Lemak dalam darah

Lemak dalam darah

Photo :
  • newscientist.com

Namun jika tingkat kolesterol terlalu tinggi maka bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya. Mulai dari hipertensi (darah tinggi), jantung, stroke hingga memburuknya sirkulasi darah. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk rutin melakukan pemeriksaan kolesterol dalam darah guna mendeteksi risiko timbulnya penyakit berbahaya.

Penyebab Kolesterol/Lemak Darah

Halaman Selanjutnya
img_title