Kementerian PUPR Gelar Edukasi dan Pelatihan untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Guna Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Komitmen Kementerian PUPR untuk menyediakan pelayanan publik yang berkualitas terus ditingkatkan. Setelah menyelesaikan ruangan Pelayanan Publik Terpadu, Kementerian PUPR juga menyediakan layanan call center 158, whatsapp center 0815 1000 0158, dan penyiapan sistem manajemen layanan yang tersertifikasi ISO 9001:2015.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Tidak hanya itu, kualitas sumber daya manusia juga terus diperhatikan. Pada Jumat-Sabtu, 9-10 Desember 2022, Kementerian PUPR mengikutsertakan seluruh petugas Pelayanan Publik Terpadu dalam kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima. 

Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Guna Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Photo :
  • Istimewa
Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Pelatihan tersebut mengambil tema "Crafting Servive Excellent 5.0" yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja petugas layanan sebagai garda terdepan pelayanan publik Kementerian PUPR. 

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Pantja Dharma Oetojo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Pelaporan Pimpinan dan Pembinaan Pelayanan Publik menyampaikan bahwa pelayanan publik merupakan cerminan dari kualitas birokrasi yang dijalankan oleh sebuah pemerintahan. 

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

"Birokrasi yang baik dan sehat dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat dalam bentuk pelayanan prima kepada seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, konsep dan implementasi pelayanan prima harus dijalankan betul-betul oleh seluruh penyelenggara layanan,” kata Pantja Dharma Oetojo  dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Minggu (11/12).

Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Guna Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Photo :
  • Istimewa

Pelatihan tersebut melibatkan trainers atau narasumber bersertifikat BNSP dari Asosiasi Service Quality Indonesia (ASQI), yang memberikan materi pelatihan berdasar pada SKKNI 170 dan 183 tahun 2016, yang mencakup materi Service & Customer Mindset, Knowing Your Customer, Service Communicaton & Telephone Courtesy, Professional Grooming & Business Etiquette, dan Handling Costumer Complaint. 

Seluruh materi diberikan dengan harapan peserta mampu untuk memenuhi standar kompetensi Pelaksana Pelayanan Prima Pratama atau Junior Service Quality Officer.

Dengan upaya-upaya semacam itu, diharapkan kualitas pelayanan publik akan meningkat dan hal ini akan tercermin dalam peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di lingkungan Kementerian PUPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya