Sederet Pejuang Terhebat Sepanjang Sejarah, Mereka Berhasil Pertahankan Negaranya

Pejuang terhebat
Sumber :

VIVA Edukasi– Pernahkah Anda bertanya-tanya siapa pejuang terhebat dan terkuat sepanjang masa?

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Belajar tentang jenis-jenis prajurit kuno dan prestasi militer mereka menarik dan penting untuk membahas batasan orang selama perang. Tidak ada yang menang dalam perang. Terutama karena kerugiannya terlalu besar selama pertempuran antar negara. 

Kelaparan, anak yatim piatu, dan kekerasan juga meningkat selama perang. Tentara juga jadi korban. Shellshock dan kehilangan sebagian nyawa mereka (dan beberapa anggota tubuh) adalah hal biasa di antara mereka.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Ilustrasi Ali Bin Abi Thalib berperang

Photo :
  • Website/bincangmuslimah.com

Para pejuang yang mempertahankan negaranya menghasilkan prestasi heroik di medan perang. Beberapa menolak untuk meninggalkan rekan senegaranya dan mereka yang berhasil memenangkan perang melawan musuh. 

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Akibatnya, para pejuang terhebat memiliki nama mereka terukir dalam sejarah bersama dengan pencapaian mereka. Namun, ini tidak berarti mereka adalah orang baik. Mempelajari prestasi prajurit itu bagus, tetapi penting juga untuk mengetahui alasan mereka berpartisipasi dalam perang.

Mempelajari tentang siapa pejuang terbaik dalam sejarah itu bermanfaat. Karena perang berlanjut hingga hari ini, adalah suatu keharusan untuk mempelajari penyebab perang juga untuk menghindari pengulangan sejarah.

Meskipun kami tidak mengetahui siapa pejuang paling mematikan di dunia, kami mempelajari beberapa nama yang layak untuk tempat itu dan menyusunnya di sini untuk Anda. Detail tentang asal-usul prajurit, nama-nama prajurit terkuat dalam sejarah, dan latar belakang mereka tercantum di bawah ini.

Asal Usul Pejuang

Ilustrasi Perang Hunain

Photo :
  • Tongkrongan Islami

Ada banyak jenis pejuang maupun prajurit seperti prajurit kaki, panglima perang, penakluk, dan ahli taktik militer. Prajurit adalah mereka yang terampil dalam pertempuran dan menjadikannya sebagai profesi.

Profesi itu sendiri adalah salah satu yang tertua secara historis. Pemburu adalah salah satu jenis prajurit pertama di bumi. Mereka bertugas berburu makanan dan mempertahankan suku atau klan mereka dari kekuatan luar.

Beberapa prajurit unggul lebih baik di berbagai bidang. Hingga hari ini, ada prajurit infanteri yang berfokus terutama di lapangan. Perahu juga menciptakan peluang bagi kapal angkatan laut dan tentara untuk unggul dalam hal itu.

Pemanah yang kemudian menjadi penembak jitu adalah mereka yang unggul dalam menembak musuh dari jarak jauh. Sementara itu, pilot pesawat tempur menciptakan kerugian bagi mereka yang berada di darat.

Menjadi prajurit yang terampil berarti kekuatan yang besar di zaman kuno. Mereka yang berkuasa naik pangkat dan menjadi jenderal atau bahkan raja

Mereka kemudian akan menyebarkan kekuatan mereka dengan menaklukkan suku atau negara lain menggunakan prajurit lain. Ini menghasilkan prajurit terhebat di bawah penguasa dari budaya yang berbeda. Contoh dari prajurit ini adalah ksatria yang bertugas di bawah raja mereka. 

Tentara bayaran juga merupakan tipe prajurit yang tidak bertugas di bawah seorang pemimpin. Para pejuang ini lebih suka dibayar oleh orang yang berbeda untuk pekerjaan mereka. Pembunuh juga menjadi penggunaan populer untuk pembunuh bayaran.

Pejuang Terhebat dan Terkuat dalam Sejarah

Sekarang setelah kita mengetahui asal-usul para pejuang hebat, mengapa kita tidak mempelajari beberapa nama mereka? 

Di bawah ini adalah sederet prajurit terbaik dalam sejarah! Setiap jenis prajurit yang kami perkenalkan mencakup pencapaian sejarah mereka, waktu mereka hidup, dan senjata yang mereka gunakan.

Alexander yang Agung

Alexander Agung

Photo :

Yang pertama dalam daftar kami tetap menjadi pejuang yang paling ditakuti sepanjang masa: Alexander Agung . Lahir di Pella, Makedonia sekitar 356 SM dan meninggal pada 13 Juni 323 di Babilonia, Alexander Agung dikenal karena prestasinya yang luar biasa. 

Namun, sejarawan lebih mengenalnya sebagai raja Makedonia dari tahun 336 SM hingga kematiannya. Salah satu prestasi Alexander Agung yang paling mengesankan adalah penjarahan kerajaan Persia dan perjalanannya ke India .

Philip II dan Olympias, putri Raja Neoptolemus, adalah orang tua Alexander Agung. Meskipun demikian, ajaran Aristoteleslah yang memelihara pikiran Alexander. Aristoteles mengilhami Alexander dengan kedokteran, sains , dan filsafat. Sayangnya, Alexander tidak setuju dengan Aristoteles tentang topik perbudakan.

Alexander sudah menjadi prajurit yang terampil sebelum menjadi raja. Dia telah berpartisipasi dalam pertempuran Maedi dan Chaeronea di bawah wasiat ayahnya.

 Alexander menghancurkan semua saingannya dan dinyatakan sebagai raja setelah kematian ayahnya. Dia bahkan menginvasi Kekaisaran Persia dengan bantuan anak buahnya untuk membayar prajurit setianya dengan kekayaan Persia.

Raja Darius, dikalahkan oleh Alexander, melarikan diri dan meninggalkan keluarganya. Tetapi tindakan ini hanya memungkinkan kita melihat sekilas kepribadian Alexander. Keluarga musuh, yang tidak berdaya, tidak terluka di bawah asuhannya. Membuktikan bahwa Alexander adalah penguasa yang welas asih meskipun menang.

Alexander Agung meninggal pada usia 32 tahun. Sejarawan memperdebatkan penyebab kematiannya. Beberapa sejarawan percaya itu adalah malaria, sementara yang lain menyarankan racun. Terlepas dari itu, kekaisaran tidak dapat bertahan tanpa kecerdasan dan kekuatan Alexander. Putranya Alexander IV dan saudara tiri Philip Arrhidaeus segera dibunuh dan kerajaannya terpisah satu sama lain.

Genghis Khan

Genghis Khan adalah salah satu raja pejuang paling terkenal dalam sejarah. Nama aslinya adalah Temujin dan lahir pada tahun 1162 di sekitar Danau Baikal di Mongolia . Ia meninggal pada tanggal 18 Agustus 1227.

Kemasyhurannya berasal dari penaklukannya yang berhasil melawan suku-suku yang berlawanan dan penyatuan Mongolia.  Namun, Genghis Khan juga mampu menaklukkan lebih dari sekadar wilayah Mongolia.

Dia berlayar melintasi Laut Adriatik dan berhasil menaklukkan berbagai negara juga. Ini membuat Genghis Khan mendapat tempat sebagai salah satu pejuang terhebat yang ada.

Orang-orang mengenal raja prajurit Mongolia karena kekuatan fisik dan kecerdasannya. Genghis Khan adalah seorang jenius dalam memerintah negara-negara besar meskipun berasal dari asal yang tidak diketahui.

Raja Asoka Agung

Genghis Khan

Photo :

Raja Ashoka Agung adalah salah satu pejuang terhebat dari Dinasti Maurya. Ia adalah putra Raja Bindusara. Sejarawan mencatat bahwa Ashoka Agung tidak disukai oleh ayahnya karena penampilannya. 

Namun, Raja Bindusara juga sangat mempercayai Raja Ashoka, bahkan meminta Ashoka menangani pemberontakan Takshashila.

Raja Ashoka lahir di India. Sayangnya, detail masa mudanya tetap menjadi misteri. Legenda yang meramalkan masa mudanya menyebar satu abad setelah kematiannya seperti kemampuannya mengingat kehidupan masa lalunya.

Terlepas dari misteri seputar latar belakangnya, Ashoke tetap menjadi kaisar India yang terkenal bahkan hingga hari ini. Dia memerintah Dinasti Maurya dari 268 hingga 232 SM. Selama masa pemerintahannya, Ashoka Agung memperluas kerajaan warisannya ke seluruh Afghanistan dan Bangladesh sambil menyebarkan nilai agama Buddha kepada rakyatnya.

Julius Caesar

Salah satu prajurit legendaris Romawi lainnya adalah Julius Caesar . Senat Romawi tidak setuju dengan caranya memerintah, menyebabkan salah satu pengkhianatan paling terkenal dalam sejarah: pembunuhan Julius Caesar.

Dendam antara Julius Caesar dan senat dimulai jauh sebelum pembunuhannya. Julius, yang bahkan bukan raja pada saat itu, menolak keputusan pengadilan dan menyeberangi Sungai Rubicon. 

Tindakan ini mungkin tampak sangat kecil, tetapi merupakan akibat dari ketakutan Senat Romawi terhadap kekuatan Caesar yang semakin besar. Mengetahui sepenuhnya bahwa tindakannya akan menyebabkan perang saudara, Julius Caesar melakukan pembangkangan.

Julius Caesar adalah ahli taktik militer yang cerdas. Ini memungkinkan dia untuk naik pangkat saat dia membentuk sekutu. Yang pertama adalah Crassus, seorang pria dengan pengaruh politik dan militer yang dikatakan sebagai orang terkaya di Roma. Yang kedua adalah Pompey, seorang pemimpin politik.

Pengkhianatan Pompey terhadap Caesar berasal dari kecemburuannya. Apalagi Caesar mengabadikan namanya setelah penaklukan Gaul. Caesar telah mengalahkan suku Gallic, salah satu pejuang terkuat yang mengintimidasi Kekaisaran Romawi. Caesar mengalahkan Pompey dalam Perang Saudara Romawi Besar. Setelah itu, Caesar mengalahkan Firaun Ptolemeus XIII dalam Pertempuran Sungai Nil, memberikan Ratu Cleopatra haknya atas takhta.

Julius memiliki lebih banyak kemenangan dalam pertempuran. Senat takut pada Julius meskipun bantuannya dalam mereformasi Kekaisaran Romawi. Pembelaan mereka terhadap kematiannya adalah untuk melindungi cita-cita Republik Romawi. Ini menjadi bumerang bagi senat karena akhirnya menyebabkan Perang Saudara Liberator dan akhir Kekaisaran Romawi.

Leonidas I dari Sparta

Bahkan saat ini Leonidas dari Sparta tetap menjadi salah satu pejuang terhebat dalam sejarah. Leonidas I adalah putra Raja Anaxandridas II, Raja Sparta. Dia memerintah Sparta bersama dengan sesama raja Leotychidas. 

Ini karena Sparta selalu memiliki dua raja. Sparta sendiri memiliki tradisi melatih anak laki-laki menjadi pejuang terhebat yang mereka bisa. Para ibu meninggalkan putra mereka yang masih kecil untuk bertahan hidup dalam pertempuran sengit melawan satu sama lain dan hewan liar. 

Kelangsungan hidup hanya didasarkan pada kemampuan fisik seseorang selama masa-masa ini. Begitu mereka lulus dari pelatihan ini, mereka menjadi hoplites yang lengkap.

Leonidas dari Sparta didampingi oleh 300 hoplite selama Perang Persia Kedua. Kita tahu pertempuran ini sebagai Pertempuran Thermopylae atau Pertempuran 300. Peramal Sparta meramalkan bahwa Sparta sendiri akan jatuh atau salah satu rajanya sebelum pertempuran dimulai. Itu menjadi kenyataan, dengan Leonidas dan para hoplitesnya yang ganas binasa dari pasukan penyerang.

Leonidas dari Sparta tetap menjadi salah satu pejuang terkuat meskipun mengalami kekalahan yang memberatkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya