Prof Quraish Shihab: Cerita Nabi Yusuf Jatuh Cinta kepada Zulaikha Bohong

Prof Quraish Shihab
Sumber :
  • YouTube: Quraish Shihab

VIVA Edukasi – Tokoh cendekiawan Muslim Indonesia, Prof Quraish Shihab menyatakan cerita yang menyebut bahwa Nabi Yusuf jatuh cinta kepada Zulaikha adalah cerita bohong.

Ramai Kabar Artis Cerai, Supri FX Justru Buat Lagu untuk Istrinya

Dia berharap umat Muslim tidak berdoa atau menggunakan perumpamaan ‘semoga cintanya seperti Yusuf dan Zulaikha. Sebab, cerita yang tersebar selama ini di masyarakat soal Yusuf dan Zulaikha bersatu tidak dapat dicari kebenarannya.

“Tidak ada cerita yang menggambarkan Nabi Yusuf jatuh cinta kepada Zulaikha, namun yang diceritakan adalah cinta Yusuf tercurah kepada Tuhan. Selain itu usia mereka jauh berbeda, Yusuf waktu itu sekitar usia 31 tahun, sedangkan Zulaikha berusia 53 tahun. Sehingga tidak ada cerita menikah di antara mereka, jika ada ceritanya maka itu dibuat-buat (bohong),” ujar Quraish Shihab dikutip dari laman Nahdlatul Ulama, Jumat 7 April 2023.

Terungkap, Sikap Ria Ricis yang Bikin Teuku Ryan Geram Hingga Menyebutnya Istri Durhaka

Abi Quraish Shihab dan Najwa Shihab

Photo :
  • Tangkapan layar

Penulis Tafsir Al-Misbah itu menjelaskan bahwa cinta adalah fitrah manusia yang ada di dalam hati dan perlu disalurkan, oleh karenanya agama tidak melarang cinta. Cinta, kata dia,  adalah kesucian, cinta adalah kesetiaan dan segala hal yang indah.

11 Persiapan Penting Sebelum Menikah, Agar Rumah Tangga Awet

“Tapi apa yang terjadi kepada Zulaikha dan Yusuf itu tidak direstui oleh agama karena Zulaikha sudah menikah dan menggoda Yusuf. Ini diterangkan dalam Alquran tapi dengan bahasa yang sangat halus dan tidak mengundang selera. Kita dapat pelajaran, silahkan membaca dan menulis roman tapi jangan mengundang selera,” paparnya.

Menurutnya, cinta itu memiliki tingkatan mulai dari ketakjuban dengan seseorang, ketakjuban itu meningkat dan mendorong seseorang untuk mendekat, ketika itulah cinta Zulaikha yang diterjemahkan dalam Alquran.

Sehingga ia tidak dapat berpikir lagi, dan pikirannya hanya tertuju kepada Yusuf. Cintanya sudah masuk ke lubuk hatinya sehingga menguasai pikiran dan tingkah lakunya.

“Karena (cinta) telah menguasai tingkah lakunya maka setiap saat ia mulai menggoda, maka di dalam Alquran digambarkan ia berulang-ulang merayu (Yusuf), dan puncaknya ia sampai masuk ke kamar dan menutup rapat-rapat pintu supaya tidak ada yang tahu. Kemudian ia berkata ‘inilah aku’, ia menawarkan dirinya kepada Yusuf, namun Yusuf menolaknya,” terangnya.

Kemudian, lanjutnya, Yusuf menolak segala rayuan Zulaikha. Beliau berkata ‘perlindungan Allah untuk dirinya, Zulaikha dan segala sesuatunya. Dia itu Tuhanku, pemeliharaku, yang telah merawatku.’ Yusuf menolak bukan karena takut tapi karena ingat dengan jasa suami Zulaikha kepadanya dan ingat pemeliharaan serta anugerah Tuhan.

Prof Dr Quraish Shihab, ulama ahli ilmu tafsir Alquran, menjadi khatib salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Minggu pagi, 25 Juni 2017.

Photo :
  • quraishshihab.com
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya