5 Negara Ini Miliki Ibu Kota Lebih dari Satu, Ada Sri Lanka

Bolivia
Sumber :

Jakarta – Pada umumnya sebuah negara mungkin dikenal hanya memiliki satu ibu kota sebagai pusat pemerintahannya. Namun, ternyata ada sejumlah negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Terdapat sedikitnya tujuh negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu. Dari sekian nama, salah satunya bahkan memiliki ibu kota tiga sekaligus. Dalam hal ini, memiliki ibu kota lebih dari satu, alasannya beragam.

Kawasan Monas/Ilustrasi

Photo :
  • Twitter.com/@TopeRendusara
Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Bisa karena aspek historis, proses perpindahan, pembagian kekuasaan, dan lain sebagainya. Lantas, negara mana sajakah yang memiliki ibu kota lebih dari satu? Berikut informasinya yang VIVA dapat berikan dilansir dari berbagai sumber:

1. Bolivia

Menpan-RB: Pemindahan Kementerian dan Lembaga ke IKN Tempuh Tiga Penapisan

Bolivia merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan. Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara dan timur, Paraguay di tenggara, Argentina di selatan, Chili di barat daya, serta Peru di barat.

Mengutip laman World Atlas, Senin, 12 Juni 2023, Bolivia memiliki dua ibu kota. Keduanya masing-masing adalah La Paz dan Sucre. La Paz menjadi ibu kota administratif sekaligus pusat pemerintahan Bolivia. Sementara Sucre menjadi ibu kota konstitusional dan yudisial.

2. Benin

Jarang dikenal, Benin merupakan negara di kawasan Afrika Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Togo di barat, Nigeria di timur, Burkina Faso di barat laut, serta Niger di timur laut.

Ibu kota dari negara ini adalah Porto-Novo dan Cotonou. Porto-Novo sebagai ibu kota resminya, sedangkan Cotonou adalah pusat pemerintahan Benin.

3. Chili

Patagonia di Chili

Photo :
  • Pixabay

Pada letaknya, Chili berada di kawasan Amerika Selatan bagian barat. Negara ini juga memiliki dua ibu kota negara, yaitu Santiago dan Valparaiso.

Mengutip India Times, Senin, 12 Juni 2023, Santiago adalah kota terbesar dan pusat pemerintahan. Sementara Valparaiso dinobatkan menjadi ibu kota kedua sekitar tahun 1990.

4. Belanda

Beralih ke Eropa, Belanda juga memiliki dua ibu kota. Mengutip Unacademy, Amsterdam menjadi ibu kota resmi Belanda, sedangkan Den Haag adalah ibu kota administratif yang menampung pemerintahan dan pengadilan.

Gereja St. Anthony di Kolombo, Sri Lanka

Photo :
  • tripadvisor.com

Kolombo dan Sri Jayawardenapura Kotte menjadi ibu kota Sri Lanka. Sementara Kolombo adalah ibu kota eksekutif dan yudikatif, Sri Jayawardenapura menjadi ibu kota legislatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya