Sekolah TK-SMA Ikut-ikutan Wisuda ala Mahasiswa, DPRD: Sepatutnya Ini Ditiadakan

Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom saat memimpin langsung proses wisuda
Sumber :
  • B.S.Putra (Medan)

Bogor – Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri turut berkomentar soal ramainya keluhan masyarakat terkait penyelenggaraan wisuda mulai dari jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Orang Tua Mahasiswa IPB: Saya Bisa Ajukan Keringanan Biaya Kuliah

Bakhri mempertanyakan esensi dari kegiatan wisuda yang digelar oleh sekolah-sekolah di Kota Bogor, apakah kegiatan itu dilakukan untuk merekam momen bersejarah atau hanya pemborosan yang terlalu diromantisasi.

Ibu Cinta diwisuda

Photo :
UKT Naik Dinilai Ancam Generasi Emas Indonesia, Jokowi Diminta Turun Tangan

“Pihak sekolah pun harus memahami, tidak semua wali murid bisa menerima wisuda. Ada yang pro ada yang menolak bahkan mengecam wisuda TK sampai SMA. Sehingga jangan sampai kita membudayakan kegiatan teatrikal yang sebenarnya tidak terlalu urgen dan malah menghabiskan banyak dana,” ujarnya dikutip dari Antara, Rabu, 21 Juni 2023

Menurutnya, definisi wisuda di kalangan akademik adalah penanda kelulusan mahasiswa yang telah menempuh pendidikan di universitas dan mendapat gelar pendidikan.

40 SMA dan SMK di 11 Kota Diberi Edukasi Kewirausahaan, Kini Jadi Jago Bisnis

Sehingga, lanjut Bakhri, jika wisuda tingkat TK sampai SMA hanya bertujuan menyerahkan ijazah dan tidak ada prosesi penyematan gelar atau pengakuan terhadap gelar akademis, sudah sepatutnya kegiatan ini ditiadakan.

“Justru kita kuatir, ini menjadi ajang gengsi orang tua murid dan sekolah yang mahal harganya. Demi acara yang tidak lebih teatrikal semata. Kita berharap, sekolah jangan malah ikut mereduksi (mengikis) makna wisuda menjadi acara tahunan yang menghamburkan dana,” ungkapnya

Terakhir, dia menyarankan, para pelajar yang akan lulus seharusnya diberi bimbingan untuk menempuh pendidikan selanjutnya, ataupun siswa SMA dapat diberi pelatihan agar dapat meneruskan kuliah di universitas terbaik.

“Oleh karena itu, pihak sekolah pun diharapkan jangan ikut berkontribusi untuk melanggengkan acara wisuda seperti ini. Apalagi malah membiasakan acara wisuda dan menjadi pembenaran pada akhirnya. Jangan sampai kita melupakan makna wisuda sebagai momen sakral dan besar dalam dunia pendidikan,” pungkasnya

Rektor USU Dr Muryanto Amin, M.Si saat mewisuda mahasiswa

Photo :
  • antara
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya