Fakta-fakta Tentang MPLS, Apa Bedanya dengan MOS?

Masa Orientasi Siswa di Sekolah Baru
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Jakarta – Setelah libur sekolah, para siswa akan kembali melakukan kegiatan belajar. Sebelum itu, bagi siswa baru akan menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Apa itu MPLS?

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS merupakan suatu kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan dan pembinaan bagi peserta didik. Sebelumnya, kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah MOS atau Masa Orientasi Siswa.

Perbedaan dengan MOS

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Ilustrasi masa orientasi siswa.

Photo :
  • U-Report

Ketentuan kegiatan MPLS telah diatur dalam Permendikbud RI nomor 18 tahun 2016. Salah satu pertimbangan adanya MPLS berdasarkan Permendikbud karena pelaksanaan MOS menimbulkan perploncoan kepada siswa baru.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Pertimbangan ini membuat kegiatan MOS dicabut dari kegiatan pengenalan lingkungan sekolah pada siswa baru dan diganti dengan MPLS. Berikut perbedaannya antara MPLS dan MOS.

1. Penyelenggara dilakukan oleh Guru 

Permendikbud telah mengatur bahwa penyelenggara MPLS adalah guru. Tujuannya agar proses pengenalan lingkungan sekolah tidak berubah menjadi ajang perundungan terhadap siswa-siswi baru. 

Berbeda dengan kegiatan MOS yang diselenggarakan atau panitianya merupakan siswa senior atau alumni. Setiap sekolah diwajibkan untuk menugaskan minimal 2 guru untuk mendampingi kegiatan MPLS. 

Kehadiran guru sebagai penyelenggaran MPLS diharapkan mampu memutus budaya 'senioritas' dimana perundungan atau pembulian cenderung terjadi antara senior dan junior.  

2. Seragam dan atribut resmi sekolah 

Saat MOS calon siswa baru kerap dipaksa menggunakan atribut yang bermacam-macam. Atribut ini seringkali bukan saja sulit dicari namun juga terlihat merendahkan siswa-siswi saat digunakan. 

Misal saja seperti menggunakan tas dari karung tepung terigu, untuk wanita rambut dikuncir dengan mengenakan pita 5 warna dan lain sebagainya. 

Dalam Permendikbud aturan atribut MPLS dijelaskan bahwa siswa baru mengenakan seragam dan atribut resmi dari sekolah.  

3. Kegiatan dilakukan di sekolah 

Kegiatan MPLS dilakukan di lingkungan sekolah dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu selama 3 hari di minggu pertama tahun ajaran baru. Kegiatan ini dilaksanakan di hari dan jam sekolah. Berbeda dengan kegiatan MOS di mana kerap kali waktu MOS diselenggerakan hingga sore hari.  

4. Kegiatan edukatif 

Kegiatan MOS lebih banyak diwarnai kegiatan mengandung unsur pelecehan, kekerasan atau perundungan. Banyak sekali hukuman atau kegiatan fisik yang mengarah pada tindakan pembulian dan tidak mendidik. 

Dengan kegiatan MPLS maka anggapan tersebut diharapkan berubah haluan menjadi kegiatan yang edukatif dan dibimbing langsung oleh guru sekolah setempat. 

5. Biaya MPLS 

Panitia MPLS dilarang untuk melakukan pungutan biaya yang sifatnya memaksa. Sebaliknya dalam MOS kerap terjadi dilakukan oleh para senior atau alumni memaksa siswa baru untuk memberikan sesuatu yang dinilai bukan anggaran yang seharusnya dikeluarkan oleh siswa baru.

Tujuan MPLS

Masa Orientasi Sekolah (MOS)

Photo :
  • @tmcpoldametro

Tujuan diadakannya kegiatan MPLS ini diantaranya:

- Untuk mengenali potensi diri siswa baru.
- Membantu siswa untuk beradaptasi dengan sekolah dan sekitarnya.
- Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar yang efektif sebagai siswa baru.
- Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.
- Menumbuhkan perilaku positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya