Rutinitas Menabung Masyarakat Meningkat 70 Persen dari Tahun Sebelumnya

Ilustrasi anak menabung.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

Jakarta – Dalam perjalanannya yang sudah memasuki usia ke-7 tahun Jenius bertumbuh bersama teman Jenius dalam membantu mereka mewujudkan kehidupan dan kebiasaan keuangan yang lebih baik mulai dari menabung, mengatur cash flow, serta bertransaksi.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Pernyataan tersebut sebagaimana di dapat dari hasil survei bertajuk Jenius Study: Kebiasaan Finansial Digital Savvy 2023 yang dilangsungkan pada Agustus 2023 dengan melibatkan 156 responden berusia 17-41 tahun. 

Menurut survei tersebut, 96 persen teman Jenius rutin menabung, meningkat dari 70 persen pada tahun sebelumnya.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi

Photo :
  • VIVA/ Deddy Setiawan

Sebanyak 73 persen dari semua teman Jenius yang sudah rutin menabung ini ternyata mengalokasikan dana untuk menabung lebih dari yang disarankan oleh perencana keuangan (10 persen-20 persen dari pendapatan). 

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Menurut Jenius Study yang sama, 83 persen teman Jenius sudah menyadari pentingnya mencatat cash flow, naik dari 73 persen pada tahun sebelumnya. 

Salah satu cara yang membantu teman Jenius mengatur cash flow adalah dengan melakukan cicilan (93 persen). Pada tahun 2023, 55 persen teman Jenius sudah menggunakan Flexi Cash untuk membantu mengatur cash flow, antara lain untuk modal bisnis, renovasi rumah, beli barang impian, dan lainnya. 

Pentingnya Menabung

Banyak anak muda zaman sekarang yang tidak memperdulikan urusan menabung, lantaran mereka berpikir itu semua hanya hal yang sia-sia yang terpenting hari ini dan gaya hidup mereka. Padahal, menabung itu memiliki banyak manfaat , mau tau apa aja? Ada beberapa manfaat menabung sebagaimana VIVA lansir dari laman DJKN Kemenkeu:

1. Belajar menghargai uang

Ilustrasi Menabung

Photo :

Saat kita menabung, kita akan tahu betapa sulitnya untuk mengumpulkan dan mendapatkan uang. Sehingga, kita akan belajar berpikir bagaimana cara memakai uang ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan semata.

2. Belajar Disiplin

Kebiasaan menabung mampu melatih kita untuk disiplin dalam mengatur keuangan karena saat memulai untuk menabung pasti ada uang jajan yang harus di sisihkan. Dari hal itulah, kita dilatih disiplin dan konsisten dalam menyisihkan uang guna memenuhi target tabungan kita.

3. Belajar Hidup Hemat

Menabung mampu melatih kita untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan, sehingga kita tidak mudah menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Selain hidup hemat, secara tidak langsung kita pun dilatih untuk tidak berperilaku konsumtif.

4. Melatih Kemandirian

Dengan menabung, kita akan belajar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita melalui usaha sendiri tanpa harus meminta apalagi merengek untuk dipenuhi keinginannya. Contohnya, ketika kita ingin membeli make up, baju atau barang apapun yang diinginkan kita pasti akan menabung terlebih dahulu menyisihkan uang jajan tanpa meminta kepada orang lain.

5. Belajar Mengatur Keuangan

Dari menabung, selain kita bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan kita juga bisa membuat manajemen uang untuk kebutuhan sehari-hari, seperti uang makan berapa, uang jajan berapa dan seterusnya. Dengan begitu, kita sudah belajar cara mengatur keuangan sesuai dengan porsi kita, tidak kelebihan tidak pula kekurangan.

6. Memahami Konsep Dana Darurat

Saat kita menabung, kita akan paham bahwa di kemudian hari kita tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi, oleh karena itu penting untuk menyiapkan tabungan sebagai dana darurat bila ada hal-hal diluar perhitungan kita yang terjadi. Kita akan paham, betapa pentingnya memiliki dana darurat untuk keuangan dibandingkan harus memakai uang tersebut untuk hal yang tidak penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya