27 TB Ranger Siap Bekontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel

27 TB Ranger Siap Bekontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel
Sumber :
  • Bakrie Center Foundation (BCF).

Makassar – Terhitung sejak awal Agustus hingga lima bulan ke depan, sebanyak 27 mahasiswa yang tergabung sebagai TB Ranger dari Universitas Hasanuddin, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Makassar, Universitas Atmajaya, dan Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) akan melakukan magang Campus Leaders Program Batch 7, di Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) Sulawesi Selatan sebagai mitra dari Bakrie Center Foundation (BCF).

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Magang Campus Leaders Program Batch 7 merupakan salah satu implementasi dari Program Kolaborasi Nasional Multi Stakeholder dan Multi-years Percepatan Eliminasi TBC di Indonesia Sebelum Tahun 2030.

27 TB Ranger Siap Bekontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel

Photo :
  • Bakrie Center Foundation (BCF).
Mahasiswa Indonesia Juara Olimpiade Sains di Kazakhstan

Ketua Yamali TB Sulsel, Kasri Riswadi melaporkan bahwa Program Kolaborasi Nasional Multistakeholder dan Multi-years Percepatan Eliminasi TBC tahun 2030 ini merupakan salah satu upaya untuk peran pengentasan penyakit TBC di Indonesia yang saat ini angkanya sudah berkisar 969 ribu kasus menurut WHO.

Angka tersebut telah menempatkan Indonesia sebagai negara dengan penyumbang kasus TBC terbesar kedua di dunia setelah India.

Pengungsi Gaza Ucapkan Terima Kasih pada Mahasiswa AS yang Memprotes Serangan Israel

"Kesadaran atas itu menghadirkan program kolaborasi ini sebagai jembatan antara pemerintah, akademisi, komunitas masyarakat, dunia usaha, dan media massa untuk sama-sama mendukung percepatan eliminasi TBC di Indonesia," ujar Kasri, sesaat mengikuti kegiatan bina akrab dan sinkronisasi KPI mahaiswa magang, yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Bayang Makassar, Jumat, 25 Agustus 2023.

27 TB Ranger Siap Bekontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel

Photo :
  • Bakrie Center Foundation (BCF).

Sementara itu, Manager SR Yamali, Wahriyadi menyampaikan rasa terima kasih atas pilihan para mahasiswa untuk mengikuti program magang di Yamali TB. Ia menjelaskan bahwa Yamali TB merupakan sebuah yayasan yang bergerak dan bekerja dalam upaya penanggulangan penyakit Tuberkulosis di Indonesia.

“Sudah sepantasanya kita semua ambil peran dalam upaya percepatan eliminasi TBC, kami berharap melalui program ini kita sama-sama berperap aktif, belajar, dan bekerja secara kreatif untuk mewujudkan itu. Kami akan membuka ruang serta siap memfasilitasi mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyatanya,” terangnya.

Sebelumnya, dalam kegiatan onboarding Nasional CLP 7 pada, 7 Agustus 2023, Founder BCF, Anindya N Bakrie berharap bahwa dengan dukungan SDM mahasiswa serta dosen pembimbing dapat membantu mengembangkan dan memperkuat lembaga sosial dalam pencapaian target penemuan kasus TBC sebagai upaya meujudkan eliminasi TBC di tingkat provinsi dan nasional.

Founder BCF Anindya N Bakrie

Photo :
  • Bakrie Center Foundation (BCF).

“Kegiatan ini merupakan upaya kolaborasi nasional kita dalam mencapai percepatan eliminasi TBC dengan mengirim dukungan SDM mahasiswa serta dosen pembimbing untuk membantu mengembangkan dan memperkuat lembaga sosial dalam pencapaian target eliminasi TBC tingkat provinsi dan nasional,” jelas Anindya Bakrie, Founder & Chairman BCF.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya