Bukan Kaleng-kaleng, Ini Rekam Jejak Pendidikan Pratama Arhan hingga Dapat Beasiswa S2

Potret Azizah Salsha dan Pratama Arhan
Sumber :
  • TikTok @usertiktokrm

Jakarta – Nama Pratama Arhan terus menjadi perbincangan hangat di media sosial. Suami dari Azizah Salsha ini menjadi salah satu idola kaum hawa berkat prestasinya di dunia sepak bola. Sebab, dalam pertandingan terakhir Timnas U-23 Indonesia vs Turkmenistan kemarin, ia mencetak gol

Disiram Air Keras, Faisal Halim Sempat Bikin Gol Terbaik di Piala Asia 2023

Setelah mencetak gol di menit ke-92, ia mencari sorotan ketika dia melakukan selebrasi setelah mencetak gol dengan memperlihatkan kaus bertuliskan nama sang istri, Azizah Salsha yang dilengkapi dengan tanggal pernikahan mereka di Jepang beberapa waktu lalu. 

Karena hal itu, publik penasaran dengan pendidikan yang sempat ditempuh oleh pemain Timnas Indonesia tersebut. Pemilik nama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai itu lahir pada tanggal 21 Desember 2001 di Desa Sidomulyo, Banjarejo, Blora, Jawa Tengah. 

Rizky Ridho Absen, 3 Pemain Ini OTW Paris Perkuat Timnas Indonesia U-23

Potret Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Photo :
  • TikTok @usertiktokrm

Karena Arhan gemar bermain sepak bola sejak kecil, ia akhirnya memutuskan untuk memulai pendidikannya dengan bergabung di sekolah sepak bola SSB Putra Mustika Blora ketika ia berusia delapan tahun di kelas empat sekolah dasar.

Ada 3 Negara Guinea di Benua Afrika, Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea yang Mana?

Setelah bergabung dengan SSB Putra Mustika, Arhan menunjukkan kemampuan tendangan kaki kirinya dan mulai menonjol. Meski pengalaman pelatih Arhan terbatas, ia hanya mengajarkan latihan teknis dasar seperti penguasaan bola, passing, dan dribbling.

Setelah lulus SD, ia mencoba mendaftar di Akademi Terang Bangsa, akademi terbaik di Semarang. Berkat semangatnya yang konsisten dan dukungan orang tuanya, ia berhasil lolos seleksi dan berlatih di salah satu akademi sepak bola. 

Ia bersekolah di Akademi Terang Bangsa dari sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA). Karena Arhan dinilai cukup ahli di berbagai posisi, maka pihak PSIS Semarang memberikan kesempatan kepada Arhan untuk bergabung dengan mereka. 

Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat tim kelompok sepakbola U-18  dan juga memperkuat PSIS Semarang U-20. Dengan kepiawaiannya di bidang sepak bola, Shin Tae-yong, pelatih kepala baru timnas U-19 Indonesia, mulai mendapat pengakuan di awal tahun 2020.

Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy

Photo :
  • twitter.com/J_League_En

Bergabungnya di Garuda membuat Arhan mengalami peningkatan pesat di posisi bek kiri. Banyak prestasi yang ditorehkan Pratama Arhan saat bergabung dengan skuad Garuda muda. Ia kerap mencetak gol dalam berbagai kesempatan hingga membawa Timnas menang. 

Selain itu, pendidikan Arhan dilanjutkan dengan berkuliah di Perguruan Tinggi Terang Bangsa. Arhan kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) dengan mengambil jurusan Ekonomi Manajerial. 

Atas prestasinya setelah mengikuti Piala AFF 2020, ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi dari jenjang sarjana hingga magister. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepala sekolah atas prestasi anak didiknya di tingkat internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya