Viral Sekolah Dasar Ini Patok Biaya Tidur Siang di Sekolah, Tarifnya Fantastis

Ilustrasi ruang kelas/sekolah
Sumber :
  • Pixabay/WOKANDAPIX

VIVA Edukasi – Beredar di jagat media sebuah kabar yang berhasil buat heboh, yaitu salah satu sekolah dasar yang berada di China memasang tarif untuk siswa yang tidur di sekolah.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Tarif tersebut digunakan untuk tidur siang para siswa di meja, tempat tidur, ataupun tikar. Mendengar hal ini, warganet pun kesal.

Seorang anak tidur dalam kelas.

Photo :
  • Instagram/fokahah
Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa 19 September 2023, Sekolah Dasar Jiesheng di Provinsi Guangdong, China sedang viral lantaran memberikan biaya tambahan untuk tidur siang. Diketahui di China memberlakukan aturan istirahat tidur siang bagi siswa sekolah dasar.

Kebijakan baru ini diprotes lantaran biaya untuk tidur siang tersebut dianggap tidak etis, meskipun sekolah yang akan menerapkan peraturan ini berstatus bukan milik pemerintah. Pihak sekolah memberikan rincian rencana biaya yang akan diterapkan melalui WeChat grup orang tua murid.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Dalam grup tersebut, diinfokan biaya yang akan diterapkan yakni biaya tidur di meja dikenakan biaya sebesar 200 yuan (USD28) atau setara dengan Rp400.000 per jangka waktu.

Kemudian dijelaskan bahwa tidur di tikar dalam ruang kelas dikenakan biaya sebesar 360 yuan, sedangkan tidur di tempat tidur di kamar pribadi akan dikenakan biaya 680 yuan atau setara dengan Rp1,4 Juta.

Dikutip dari Sumber yang sama, banyak warganet di Weibo merasa keheranan dengan kebijakan baru tersebut. Beberapa juga ikut kesal dan menyayangkan hal tersebut dapat terjadi di lembaga pendidikan anak.

Ilustrasi jam tangan.

Photo :
  • ist

“Apakah ini sebuah lelucon? Sekolah menjadi gila hanya untuk menghasilkan uang,” tulis seorang netizen lainnya dalam kolom komentar.

 "Ini konyol. Selanjutnya sekolah akan mengenakan biaya untuk pergi ke kamar kecil atau bernapas?” tulis netizen lain yang ikut bertanya-tanya.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya