Bangun Karakter Kebangsaan, Universitas MH Thamrin Gelar LDBN

Universitas MH Thamrin gelar kegiatan Latihan Dasar Bela Negara
Sumber :
  • Press release

Bogor – Universitas MH Thamrin (UMHT) menggelar Kegiatan Latihan Dasar Bela Negara (LDBN) untuk ke-26 kalinya sejak tahun 1997. Kegiatan ini ditujukan bagi para mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 untuk membangun karakter kebangsaan atau cinta Tanah Air

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Abdul Barry, SE, MARS selaku Ketua Yayasan Pendidikan Abdul Radjak menyampaikan bahwa pendiri yayasan, Dr H Abdul Razak sejak awal ingin peserta didik nya memiliki kapabilitas secara keilmuan dan memiliki karakter yang baik salah satunya cinta Indonesia

"Kegiatan LDBN ini sudah dilakukan sejak tahun 1997, dan sudah menjadi ciri khas dari Universitas MH Thamrin. Dimana ini menjadi visi pendiri yayasan, Dr H Abdul Razak yang ingin para mahasiswa nya memiliki karakter baik seperti cinta Tanah Air," ujar Barry saat ditemui di lokasi pelatihan LDBN, Pasadena Village, Cipayung Puncak, Bogor, pada Senin, 18 September 2023. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Menurut Barry, cinta Tanah Air merupakan suatu faktor penting dalam pembentukan karakter seseorang untuk di kehidupan selanjutnya dalam menjalankan kewajiban sebagai warga negara seperti mempertahankan kedaulatan negara. 

Universitas MH Thamrin gelar kegiatan Latihan Dasar Bela Negara

Photo :
  • Arianti Widya
Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

"Insya Allah dengan kegiatan LDBN ini, para peserta didik kami akan memiliki karakter yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuannya," tuturnya. 

Dalam kesempatan yang sama, dr. Daeng Muhammad Faqih selaku Rektor UMHT mengungkapkan kaitan LDBN dengan Universitas adalah pikiran yang visioner. Universitas memiliki tiga aspek tujuan seperti Kognitif, Psikomotorik (Keterampilan Kompetensi), dan Afektif atau Karakter. 

"Universitas itu tujuannya ada 3 aspek, seperti kognitif atau kemampuan literasi yang bagus, kedua psikomotorik atau keterampilan kompetensi nya bagus, lalu yang ketiga yang sering terlupakan adalah aspek Afektif atau karakter,"

Daeng menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan LDBN ini ditujukan untuk memenuhi tiga aspek secara paripurna dan tidak melupakan aspek afektif pembentukan karakter. 

"LDBN ini sebenernya ingin kita dorong agar bisa memenuhi tiga aspek tersebut secara paripurna, terutama aspek afektif pembentukan karakter tidak boleh dilupakan. 

Apalagi, ungkap Daeng, Pemerintah telah menyampaikan bahwa Sumber Daya Manusia unggul itu berdasarkan karakter, baik karakter moral maupun karakter kerja. 

"Nah, kegiatan LDBN akan membentuk dua karakter itu. Salah satunya, untuk disiplin tingkat kerja sama yang baik atau solidaritas, nah ini kan bukan keilmuan bukan juga keterampilan, tapi ke karakter," jelas Daeng. 

Sebagai informasi, Latihan Dasar Bela Negara di Universitas MH Thamrin menjadi kegiatan wajib bagi para mahasiswa baru. Juga, UMHT menjalin kerja sama dengan para pelatih dari TNI Angkatan Udara untuk melatih para fisik peserta maupun memberikan materi-materi bela negara. 

Kemudian, selain materi terkait kebangsaan dan cinta tanah air, juga diberikan latihan dasar baris-berbaris, dan kedisiplinan. LDBN juga mencakup kegiatan sosial dan kemanusiaan yang bertujuan untuk memupuk semangat kepemimpinan dan kepedulian sosial di kalangan peserta. 

Ini bisa termasuk pelatihan penanggulangan bencana, pertolongan pertama, atau partisipasi dalam proyek-proyek sosial. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya