Sambangi FISIP UI, Astra Ajak Civitas Akademika dan Media Bingkai Masa Depan Indonesia

Konferensi pers Lomba Foto & Anugerah Pewarta Astra 2023 di Auditorium FISIP UI
Sumber :
  • ist

DEPOK – Pendaftaran Lomba Foto Astra (LFA) dan Anugerah Pewarta Astra (APA) 2023 resmi dibuka, mulai 6 Juni hingga 6 November 2023, dalam dua kategori, yaitu kategori umum dan wartawan. Memasuki tahun ke-15 untuk LFA dan tahun ke-9 untuk APA, tahun ini tema yang diangkat adalah “Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia.

Daftar Juri SATU Indonesia Awards 2024, Ada Raline Shah

Masyarakat umum termasuk para awak media dan civitas akademika diajak untuk bisa menggambarkan format Bangsa Indonesia ke depan lewat narasi dan foto-foto yang dilombakan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Prof Dr Semiarto Aji Purwanto saat konferensi pers Lomba Foto Astra (LFA) dan Anugerah Pewarta Astra (APA) 2023 yang dibuka  untuk umum dan wartawan di Auditorium Mochtar Riady, FISIP UI, Kota Depok, Jumat 29 September 2023.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Menurutnya event yang bertajuk "Semangat Hari ini dan Masa Depan Indonesia" sesuai dengan yang dilakukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia selama ini yang memacu semangat sekarang dan yang akan datang untuk kebaikan serta masa depan Indonesia.

Astra Gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Ratusan Anak Muda Ikut Serta

FISIP UI memiliki 7 departemen dan 7 disiplin ilmu. Diakui, lomba foto dan narasi tidak hanya relevan dengan prodi komunikasi, tetapi sangat relevan untuk semua prodi.

“Media dan kebiasaan literasi kita berubah sangat cepat. Pilihan-pilihan medianya juga berubah. Foto-foto harus bisa berbicara dan menimbulkan penasaran untuk orang cari tahu. Hal-hal human interest sangat penting bisa dicapture lewat foto,” pesannya.

"Sebagai fakultas yang fokus pada sosial dan politik, dewasa ini selalu bicara seperti apa format Indonesia di masa depan. Jadi bukan saja masa depan politik, namun juga masa depan sosial masyarakat kita," lanjut dia.

Dengan demikian, masyarakat luas tergerak akan event tersebut, karena tajuk lomba foto dan pewarta berupa narasi yang bisa menggerakkan.

"Di luar kampus dan peserta lomba dapat menggerakkan warga negara. Jadi tidak berhenti di situ. Mari kita sama-sama bergerak membayangkan, merancang dan mengerjakan berbagai PR (pekerjaan rumah) memastikan masa depan Indonesia agar tetap cerah," papar Prof Semiarto Aji Purwanto.

Foto-foto yang bisa didaftarkan untuk mengikuti LFA adalah foto-foto yang menggambarkan tentang semangat, usaha, atau kegiatan masyarakat Indonesia pada saat ini untuk menjaga keberlanjutan masa depan bangsa.

Konferensi pers Lomba Foto & Anugerah Pewarta Astra 2023 di Auditorium FISIP UI

Konferensi pers Lomba Foto & Anugerah Pewarta Astra 2023 di Auditorium FISIP UI

Photo :
  • ist

“Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2023 diharapkan menjadi wadah apresiasi untuk anak-anak bangsa yang telah menyebarluaskan berbagai kontribusi positif yang dilakukan masyarakat sekitar dengan penuh semangat, melalui karya foto ataupun karya tulis,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah,

“Karya-karya tersebut diharapkan dapat menjadi jembatan inspirasi yang berlandaskan harapan untuk seluruh masyarakat dalam memajukan bangsa untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” lanjut Riza.

Sementara itu, tulisan-tulisan yang bisa diikutsertakan untuk mengikuti APA adalah yang menceritakan kisah inspiratif tentang usaha dan kegiatan yang dilakukan para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards.

Tak cuma itu saja,  tokoh penggerak Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra dalam menjaga kehidupan keberlanjutan dengan berkontribusi untuk memajukan masyarakat sekitarnya.

Terdapat berbagai hadiah menarik yang bisa diraih oleh para pemenang LFA dan APA 2023, sebagai berikut:

- Juara 1: 4 Honda CBR250RR

- Juara 2: 4 Honda CB150X

- Juara 3: 4 Honda Vario 125 CBS-ISS

- Juara Harapan: 12 Sony ZV1F Vlogging Camera

- Juara Favorit: 60 Headphones Jabra Elite 45H

- Hadiah Hiburan Bulanan: 20 Casio G-Shock Smartwatch

Beberapa syarat dan ketentuan untuk mengikuti LFA dan APA adalah sebagai berikut:

- Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), karya yang diikutsertakan adalah milik sendiri, dan hasil karya harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan, ataupun pelecehan terhadap SARA. Pendaftaran dan informasi selengkapnya dapat dilihat di www.satu-indonesia.com.

Semangat Astra mendukung kemajuan bangsa untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera Astra

Kampung Berseri Astra merupakan program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan inisiatif 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan, dalam satu komunitas kampung.

Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Pengembangan lebih lanjut KBA adalah Desa Sejahtera Astra (DSA) yang menjadi program kontribusi sosial Astra di bidang kewirausahaan berbasis kawasan.

Program ini bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, komunitas, start-up, serta masyarakat desa dalam pengembangan ekonomi pedesaan berbasis potensi dan produk unggulan desa.

Dalam program DSA terdapat pendampingan bagi masyarakat desa, mulai dari pelatihan, penguatan kelembagaan, bantuan prasarana, hingga fasilitasi akses permodalan dan pemasaran produk.

SATU Indonesia Awards

Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards merupakan wujud apresiasi Astra untuk generasi muda, baik individu maupun kelompok, yang memiliki kepeloporan dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat sekitarnya.

Apresiasi tersebut di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.

Melalui program ini, Astra juga mendorong para anak muda yang terlibat dalam SATU Indonesia Awards untuk berkolaborasi dengan program unggulan KBA dan DSA.

Diharapkan, mereka bisa memberikan dampak positif yang lebih besar dan kontribusi yang berkelanjutan pada usaha-usaha pembangunan di daerahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya