Ulang Tahun Banten Dikepung Demonstrasi, Mahasiswa Orasi di Sidang Istimewa

Ulang Tahun Banten Dikepung Demonstrasi, Mahasiswa Orasi di Sidang Istimewa
Sumber :
  • VIVA | Yandi Deslatama

Serang – Banten hari ini tepat berulang tahun ke 23. Meski sedang 'tiup lilin', keriuhannya di kepung demonstrasi mahasiswa dan kericuhan di sidang paripurna istimewa HUT Banten, di gedung DPRD, Rabu 4 Oktober 2023..

Kontroversi Penetapan Kurikulum Merdeka Menjadi Kurikulum Nasional

Kantor Gubernur serta gedung DPRD Banten dikepung ratusan massa aksi dari tiga aliansi mahasiswa. Lokasi demonstrasi pertama di pintu gerbang DPRD Banten, mahasiswa dari aliansi Gerakan Empat Oktober (Getok) menutup akses utama gedung wakil rakyat itu.

Bahkan dua mahasiswa, berhasil menerobos masuk ke gedung DPRD Banten, saat Al Muktabar, Pj Gubernur, memberikan sambutannya.

Mardiono Apresiasi Moncernya Perolehan Kursi PPP di DPRD Jabar: Naik 100 Persen

"Banten gagal, Banten miskin, PJ gubernur tidak bisa memberikan pelayanan yang baik. Gagal reformasi birokrasi, Pj Gubernur gagal. Banten miskin, Pj gubernur tidak bisa memberikan pelayanan yang baik," ujar Syahrul Muhtarom, salah satu mahasiswa yang menerobos ke gedung DPRD Banten.

Kedua mahasiswa itu kemudian diamankan oleh Pamdal DPRD dan Satpol PP. Mereka ditarik keluar gedung agar tidak menggangu jalannya sidang paripurna istimewa HUT Banten ke 23.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

Hingga ke halaman gedung DPRD Banten, kedua mahasiswa itu masih meneriakkan kritik-kritiknya bagi pemerintahan Banten, yang saat ini

Ulang Tahun Banten Dikepung Demonstrasi, Mahasiswa Orasi di Sidang Istimewa

Photo :
  • VIVA | Yandi Deslatama

Demonstrasi kedua, berada di pintu masuk utama kantor Gubernur Banten, Al Muktabar. Aliansi mahasiswa dari Gempur Banten, juga berhasil menerobos gerbang besi serta portal yang melintang. 

Mereka gagal merangsek masuk ke ruang kerja Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, lantaran terhalang dua mobil water canon, satuan sabhara serta Brimob Polda Banten yang berjaga. Meski begitu, kekisruhan sempat terjadi antara mahasiswa dengan polisi yang terjaga.

"Selama dua tahun Al Muktabar memimpin Banten pembangunan tidak terarah, RPJMD jangka 5 tahun dan 25 tahun di teruskan tapi arahnya tidak jelas, ini menunjukan kepemimpinan A Muktabar menghambat pembangunan dikarenakan kinerja lebih terkesan melaksanakan tugas hanya untuk seremonial dan formalitas belaka," ujar Abroh, humas massa aksi dari Gempur Banten, di lokasi.

Massa aksi ketiga digelar oleh HMI, titik aksinya tepat bersebelahan dengan aliansi Gempur Banten. Namun kedua massa itu enggan bergabung, meski menyuarakan tuntutan yang serupa.

Meski sempat terjadi ketegangan antara mahasiswa dengan Pamdal, Satpol PP dan kepolisian, massa aksi akhirnya membubarkan diri dengan tertib.

Ulang Tahun Banten Dikepung Demonstrasi, Mahasiswa Orasi di Sidang Istimewa

Photo :
  • VIVA | Yandi Deslatama

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya