5 Fakta yang Jarang Diketahui tentang Pertahanan Udara Israel Iron Dome

Palestina Israel Adu Roket dan Rudal, Netizen: Miris Indonesia Malah Adu Komen
Sumber :
  • X | RobertMSterling

VIVA – Konflik di Timur Tengah antara Palestina dan Israel kian memanas pada akhir pekan lalu. Ini setelah pejuang Hamas meluncurkan ribuan roket ke Israel pada akhir pekan lalu, Sabtu malam 7 Oktober 2023.

RI Gagas Pemberian Hak Istimewa Palestina di Sidang PBB, Selangkah Lagi Anggota Penuh

Ribuan roket tersebut ditembakkan pejuang Hamas Palestina ke Jalur Gaza, Israel. Pihak Israel kemudian melakukan pertahanan dengan Iron Dome (rudal pertahanan udara). Langit malam Gaza, jadi saksi bentrok ribuan roket Hamas dan rudal Iron Dome Israel.

Kecanggihan Iron Dome pun kembali menjadi sorotan. Bagimana sistem canggih pertahanan udara Israel mampu menghadang serangan kejutan dan mematikan yang dilancarkan pejuang Hamas. Lalu apakah itu Iron Dome? 

Majelis Umum PBB Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh, 9 Negara Menolak Termasuk AS

Iron Dome adalah sistem pertahanan udara yang digunakan oleh Israel untuk melindungi diri dari serangan rudal dan roket. Meskipun telah banyak diberitakan, ada beberapa fakta yang jarang diketahui tentang Iron Dome:

Pengembangan Kolaboratif: Iron Dome adalah hasil dari kerja sama antara dua perusahaan pertahanan Israel, yaitu Rafael Advanced Defense Systems dan Israel Aerospace Industries (IAI). Sistem ini adalah contoh kolaborasi yang kuat antara sektor swasta dan pemerintah di Israel.

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

Keberhasilan Tinggi: Iron Dome dikenal karena tingkat keberhasilannya yang tinggi dalam mengintersep proyektil musuh. Meskipun tak sepenuhnya sempurna, sistem ini telah berhasil menghancurkan sebagian besar roket dan rudal yang diarahkan ke wilayah Israel, sehingga melindungi warga sipil dan infrastruktur.

Hamas melancarkan serangan roket ke Israel.

Photo :
  • AP Photo/Fatima Shbair

Teknologi Adaptif: Salah satu aspek yang kurang diketahui adalah kemampuan Iron Dome untuk mengidentifikasi ancaman yang berpotensi tidak merusak atau tidak signifikan, seperti roket yang akan jatuh di wilayah terpencil atau lautan. Sistem ini dapat memutuskan apakah suatu proyektil memerlukan intersepsi atau tidak.

Biaya Tinggi: Menggunakan Iron Dome bukanlah hal yang murah. Setiap roket intersepsi yang diluncurkan oleh sistem ini memiliki biaya yang tinggi, sehingga sistem ini membutuhkan investasi yang besar dari pemerintah Israel untuk operasionalnya.

Dampak Psikologis: Selain menjaga keselamatan fisik, Iron Dome juga memiliki dampak psikologis yang signifikan. Dengan memiliki sistem pertahanan yang efektif seperti ini, penduduk Israel merasa lebih aman dan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi terhadap pemerintah mereka dalam menghadapi ancaman roket dan rudal dari luar. Ini juga dapat mempengaruhi taktik dan strategi musuh yang ingin mengintimidasi Israel dengan serangan tersebut.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Pemukiman Israel di Tepi Barat.

Photo :
  • AP Photo/Mahmoud Illean.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya