Keutamaan Masjid Al Aqsa dalam Alquran dan Hadis, Tanah Suci yang Dihormati

Kompleks masjid al Aqsa di Palestina
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Masjid Al Aqsa merupakan satu dari tiga masjid suci umat Muslim yang memiliki berbagai nilai sejarah. Dahulu masjid yang terletak di Yerusalem, Palestina ini adalah kiblat pertama umat Islam.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Selain itu masjid Al Aqsa juga terlibat dalam peristiwa Isra Nabi Muhammad SAW. Menurut kitab Marah Labid karya Syekh An Nawawi Al Bantani Masjid Al Aqsa dipilih sebagai tempat Isra lantaran dapat membuat Buraq menuju Sidratul Muntaha.

Menukil laman NU Online, Senin 6 Oktober 2023 kemuliaan Masjid Al Aqsa pernah diungkap Rasulullah SAW dalam sabdanya berikut:

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

“Jangan mengencangkan pelana (melakukan perjalanan jauh) kecuali untuk mengunjungi tiga masjid: Masjidilharam, Masjid Al Aqsa, dan Masjidku (Masjid Nabawi, Madinah)," HR Bukhari.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Dalam Alquran Allah SWT juga mengisahkan bahwa Masjid Al Aqsa merupakan masjid yang diberkahi, sebagaimana yang tertulis dalam surat Al Isra ayat 1:

“...Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya...”

1. Pahala yang besar saat salat di dalamnya

Maimunah binti Sa’ad dalam hadis tentang berziarah ke Masjidilaqsa menyebutkan:

"Ya Nabi Allah, berikan fatwa kepadaku tentang Baitulmaqdis."

Aparat polisi Israel mendatangi komplek Masjid Al Aqsa

Photo :
  • Instagram daarul_quran

Nabi bersabda: "Tempat dikumpulkannya dan disebarkannya (manusia). Maka, datangilah ia dan salat di dalamnya karena salat di dalamnya seperti salat 1.000 rakaat di selainnya."

Maimunah berkata lagi, "Bagaimana jika aku tidak bisa?"

"Maka, berikanlah minyak untuk penerangannya. Barang siapa yang memberikannya maka seolah ia telah mendatanginya,” jawab Rasulullah

2. Tanah suci yang dihormati

Selain Mekah dan Madinah, Allah SWT juga menyebut Baitul Maqdis sebagai tanah yang suci. Sebagaimana tertuang dalam Alquran surat Al Maidah ayat 21 yang berbunyi: “Wahai kaumku, masuklah ke tanah suci (Baitulmaqdis)...”

Ayat di atas memuat kisah tentang Nabi Musa AS memerintahkan kaumnya untuk memasuki tanah suci Palestina atau yang penyebutannya kadang menggunakan kata Baitul Maqdis atau rumah suci, bisa juga al ardah al muqaddasah.

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Photo :
  • MintPress News

3. Lokasi Isra

Kemuliaan berikutnya yang Allah berikan untuk Masjid Al Aqsa adalah dijadikannya lokasi Isra Rasulullah SAW. Hal ini dikisahkan melalui Alquran surat Al Isra ayat 1 yang berbunyi:

“Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Ayat di atas mengisahkan perjalanan Isra Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Dalam perjalanan itu Rasulullah didampingi Jibril dan mengimami salat para nabi-nabi terdahulu.

Masjid Al Aqsa di Yerusalem (foto ilustrasi)

Photo :
  • Al-Aqsa Mosque by David Shankbone

4. Kiblat pertama umat Muslim

Sebelum Masjidil Haram Mekah ditunjuk sebagai kiblat, Allah SWT lebih dulu menetapkan Masjidil Aqsa sebagai kiblat. Dalam surat Al Baqarah ayat 143 Allah berfirman:

“Kami tidak menetapkan kiblat (Baitulmaqdis) yang (dahulu) kamu berkiblat kepadanya, kecuali agar Kami mengetahui (dalam kenyataan) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sesungguhnya (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah....”

Dalam ayat itu diceritakan bahwa umat Islam telah melaksanakan shalat menghadap Baitul Maqdis selama 16 atau 17 bulan.  Namun dalam perjalanannya Rasulullah berdoa kepada Allah agar memindahkan arah kiblat ke arah Kabah, sehingga Allah kabulkan permintaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya