United Tractors Gelar UT Smart Educulture Fest 2023: Keberagaman untuk Persatuan

UT Smart Educulture Fest 2023: Keberagaman untuk Persatuan
Sumber :
  • United Tractors

Jakarta – Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, PT United Tractors Tbk (UT) telah menggelar Educulture Fest 2023 dengan tema "Keindahan dalam Keberagaman Budaya Indonesia." 

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Festival ini mencerminkan komitmen UT dalam melestarikan budaya, merayakan keberagaman, dan mempromosikan kesadaran kebangsaan. Acara ini juga bertujuan untuk menciptakan nilai tambah bagi organisasi melalui penerapan Diversity, Equity, dan Inclusion (DEI).

UT Smart Educulture Fest 2023: Keberagaman untuk Persatuan

Photo :
  • United Tractors
Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

UT Smart Educulture Fest 2023 berlangsung dari 1 September hingga 27 Oktober 2023 di UT Head Office, Jakarta, dan melibatkan berbagai pihak, termasuk seniman, pelaku UMKM, dan sekolah binaan. 

Kolaborasi ini adalah bagian dari upaya UT untuk mewujudkan Aspirasi Keberlanjutan 2030, terutama dalam aspek DEI. UT akan terus berkomitmen untuk membangun DEI di lingkungan internal dan eksternal perusahaan.
Peserta dalam acara ini meliputi eksekutif dan karyawan Grup UT, serta mahasiswa Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) dari 18 provinsi. 

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Mereka diharapkan dapat berkontribusi dalam melestarikan keragaman budaya dan mempererat persatuan di Indonesia. Abun Jufar Jaya, Human Capital General Manager, menegaskan pentingnya menjaga keberagaman, termasuk di lingkungan perusahaan, dan prinsip DEI akan terus menjadi landasan bagi UT dalam memelihara inklusivitas.

“Keberagaman budaya yang ada di Indonesia menjadi salah satu keunikan yang harus kita syukuri. Sebagai perusahaan yang memiliki karyawan dari berbagai latar belakang yang berbeda, UT akan senantiasa memberikan kesempatan yang sama untuk semua pihak melalui dukungan dan kontribusi yang diberikan. Melalui festival ini, harapannya dapat meningkatkan kesadaran akan kebhinekaan dalam lingkup Grup UT, sehingga dapat menciptakan budaya perusahaan yang menegakkan keberagaman,” ujar Abun Jufar Jaya.

UT Smart Educulture Fest 2023: Keberagaman untuk Persatuan

Photo :
  • United Tractors

Penyelenggaraan festival ini oleh UT didasari oleh pentingnya implementasi aspek Diversity, Equity, dan Inclusion (DEI) yang memiliki dampak signifikan terhadap organisasi. 

Berdasarkan penelitian dari The Wall Street Journal (2020), keberagaman di dalam organisasi telah terbukti berkontribusi pada inovasi dan keberlanjutan finansial. Oleh karena itu, keberagaman telah dijadikan salah satu tujuan strategis dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Grup UT untuk tahun 2023 dan 2024.

Dalam pelaksanaannya, agenda festival ini mencakup berbagai kegiatan, termasuk kompetisi desain keberagaman yang terbuka bagi seluruh karyawan Grup UT dan sekolah binaan. 

Kompetisi ini berhasil mengumpulkan 390 karya dari 27 provinsi di Indonesia. Selain itu, festival ini juga menampilkan pameran desain yang menampilkan 50 karya terbaik, pertunjukan seni, dan peragaan busana batik yang melibatkan karyawan Grup UT, mahasiswa MBKM, dan sekolah binaan. Terdapat juga pasar seni yang memamerkan produk lokal dan tradisional dari UMKM yang didukung oleh UT.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, semangat, dan komitmen terhadap keberagaman di lingkungan Grup UT, dengan tujuan meningkatkan kolaborasi dan produktivitas kerja. 

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan komitmen dan persepsi terkait bisnis berkelanjutan berbasis DEI, serta memperkuat peran organisasi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui keragaman budaya Indonesia yang inklusif dan nasionalis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya