Ingin Berbuat Banyak untuk Orang Lain, Andi Taufan Gali Arti Hidup Melalui Amartha Microfinance

CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra
Sumber :
  • blog.amartha.com

VIVA Edukasi – Arti hidup dapat ditemukan dalam berbagai aspek kehidupan, dan salah satu elemen paling mendalam adalah kemampuan untuk berbagi dengan orang lain. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Dalam tindakan berbagi, kita menemukan kebermaknaan dalam hubungan, kepuasan, tujuan, dan jejak positif dalam sejarah. Ketika kita peduli, membantu, dan berkontribusi pada kebahagiaan dan kesejahteraan orang lain, kita merasakan arti hidup yang lebih dalam dan bermakna. 

Ini lah yang dirasakan oleh anak muda bernama Andi Taufan Garuda Putra yang berasal dari Bogor, Jawa Barat. 

Minister Sri Mulyani Responds Over Issue Regarding Her Resignation

Andi Taufan Garuda Putra

Photo :
  • Amartha ID

Ia bisa saja menikmati hidup nyaman sebagai eksekutif muda sebagai konsultan bisnis di sebuah perusahaan multinasional. Namun,  pria yang akrab disapa Taufan ini rela meninggalkan pekerjaannya yang sudah nyaman dan mendirikan lembaga keuangan mikro. “Di pekerjaan sebelumnya saya merasa hidup seperti tak punya arti,” katanya. 

Government to Waive Tax on Defense Ministry Equipment Imports

Menurut Taufan, arti hidup adalah apabila ia bisa berbagi dengan orang lain. Melalui berbagai riset, alumni Institut Teknologi Bandung ini pun mendirikan Amartha Microfinance Indonesia. 

Awalnya bukan jalan yang mudah, tabungan Taufan pun harus terkuras demi membangun Amartha Microfinance, llembaga keuangan mikro yang menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah. “Untuk meningkatkan taraf hidup mereka,” ungkapnya. 

Meski sudah bertekad bulat, di awal ia mendirikan Amartha, Andi sempat ditentang oleh keluarganya. Mereka menganggap tidak ada keuntungan yang bisa diharapkan dari mendirikan Amartha Microfinance. 

Namun, berjalan seiring waktu, perlahan Andi Taufan bisa meyakinkan orangtua yang akhirnya berbalik mendukungnya.

Amartha Microfinance menerapkan pola pembiayaan kelompok dengan sistem bagi hasil. Satu kelompok berkisar 10-15 orang dengan target penerima bantuan terutama perempuan. 

Di awal tahun 2011 saja, sudah ada 45 kelompok binaan Amartha. Di awal tahun itu, total anggotanya ada 720 orang, yang tersebar di 14 kampung di Ciseeng, Bogor. Plafon pembiayaan berkisar Rp 500 ribu Rp 1 juta. Angsurannya Rp 13.500 Rp 26.000 per minggu selama setahun.

Hingga hari ini, Amartha Microfinance sudah semakin maju dan memiliki lebih dari seribu anggota.

CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra

Photo :
  • blog.amartha.com

Pada tahun 2019, Taufan diangkat menjadi salah satu Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tak heran, atas jasanya tersebut, Taufan mendapat penghargaan dari SATU Indonesia Awards yang diselenggarakan oleh Astra. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya