Minta Hujan, Warga dan Pelajar di Jombang Salat Istisqa Berjamaah

Minta Hujan, Warga dan Pelajar di Jombang Salat Istisqa Berjamaah
Sumber :
  • VIVA | Uki Rama (Malang)

Jombang – Berharap turun hujan, ratusan warga dan pelajar yang ada di Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar salat istisqa atau salat meminta hujan.

Soroti Kenaikan UKT, F-PKS DPRD Sumut : Jangan Sampai PTN Menetapkan Melebihi Batas BKT

Ratusan warga dan pelajar itu melaksanakan salat istisqa di halaman Sekolah Dasar Negeri Tugu Kepatihan pada Kamis 2 November 2023.

Salat dengan tujuan meminta hujan tersebut dipimpin Habib Muhammad Mujaddid Assegaf. Setelah salat juga dipanjatkan doa agar hujan segera turun akibat kemarau panjang. 

Peningkatan Literasi Digital, Perpusnas Bantu 525 Desa di Sumut untuk Pengembangan Perpustakaan

Habib Muhammad mengajak umat muslim yang mengikuti salat istisqa untuk meneladani Nabi Muhammad dengan menyayangi umat manusia serta menjaga ekosistem alam. 

"Kita diajarkan oleh Allah SWT untuk menjaga alam (bumi) ini. Kemarau panjang yang kita rasakan seperti saat ini, bisa menjadi bahan evaluasi. Kondisi cuaca yang tidak menentu, siklus musim hujan dan kemarau sulit diprediksi. Ketika hujan bencana tanah longsor dan banjir selalu mengintai kita," kata Muhammad.

Kepsek SMKN 1 Nisel Ditahan Polisi Terkait Kasus Penganiayaan Siswa, Ini Kata Kadisdik Sumut

"Maka itu perlu komitmen kita untuk merawat bumi ini dengan tidak menebang pohon sembarangan serta melakukan penghijauan. Karena itu sebagai umat Islam mari berdoa kepada Allah agar diturunkan hujan yang barokah dan bermanfaat bukan hujan bencana," ujarnya.

Minta Hujan, Warga dan Pelajar di Jombang Salat Istisqa Berjamaah

Photo :
  • VIVA | Uki Rama (Malang)

Sementara itu, Kepala Desa Kepatihan Erwin Pribadi mengatakan bahwa dampak musim kemarau yang berkepanjangan selama ini, yang dirasakan masyarakat semakin meluas.

Selain berdampak kesulitan mencukupi kebutuhan air konsumsi sehari-hari, juga berakibat banyak lahan pertanian dan perikanan yang mengering akhir-akhir ini. 

"Di samping itu, salat istisqa dilakukan karena situasi musim yang tidak menentu, oleh sebab itu kegiatan ini dihadiri oleh anak sekolah, tokoh agama dan tokoh masyarakat," tutur Erwin.

Untuk itu dia berharap dengan digelarnya salat istisqa tersebut bisa segera menurunkan hujan di kota santri. "Kita berharap Allah memberikan hujan khusunya di Kabupaten Jombang," kata Erwin.

Perlu diketahui sedikitnya ada 5 Dusun di 3 Desa yang ada di 2 Kecamatan di Kabupaten Jombang saat ini krisis air bersih akibat kemarau panjang. Yaitu Dusun Tondowesi dan Dusun Klitih di Desa Klitih, Dusun Rapah dan Brangkal di Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, serta Dusun Serning di Desa Banjaragung, Bareng.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Minta Hujan, Warga dan Pelajar di Jombang Salat Istisqa Berjamaah

Photo :
  • VIVA | Uki Rama (Malang)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya