Gelar 9th RDM&E, FKG USU Hadirkan 10 Pembicara dari Berbagai Benua

FKG USU menggelar 9th Regional Dental Meeting and Exhibition (RDM&E).
Sumber :
  • VIVA | BS Putra

Medan – Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (FKG USU) menggelar 9th Regional Dental Meeting and Exhibition (RDM&E) yang berlangsung di Santika Premiere Dyandra Hotel, Kota Medan. Acara ini digelar selama tiga hari, sejak 9 hingga 11 November 2023.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Dekan FKG USU, Dr. drg. Essie Octaria, Sp. KGA menjelaskan bahwa Regional Dental Meeting and Exhibition, dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Kegiatan ini, dalam rangakaian Dies Natalis ke-62 tahun 2023.

"Kegiatan ini, dilakukan selama 3 hari, di mana acara puncaknya akan berlangsung di FKG USU pada Minggu 12 November 2023, nanti," jelas Essie kepada wartawan di sela-sela acara, Kamis siang 9 November 2023.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Essie menjelaskan bahwa RDM&E ini bertujuan untuk berbagi ilmu dan memperbarui pengetahuan para dokter gigi. Di mana, Dr Essie menekankan pentingnya para dokter gigi selalu meng-update ilmu mereka.

"Ini merupakan kewajiban kita sebagai tenaga medis untuk terus memperbarui ilmu. Oleh karena itu, kegiatan ilmiah seperti ini sangat penting, termasuk di dalamnya ada heandson dan perlombaan lainnya," ucap Dr Essie.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Gedung Universitas Sumatera Utara (USU)

Photo :
  • Dokumen USU

Selain itu, acara ini juga menjadi terobosan bagi FKG USU. Dr Essie Octiara menyatakan harapannya untuk menaikkan peringkat FKG USU dengan melakukan kerja sama MoU dengan para international speaker.

"Kita berharap bisa melakukan MoU dengan Dekan beberapa universitas di negara lain. Hal ini akan menjadi dorongan bagi kita untuk menuju status World Class University (WCU) dan meningkatkan peringkat FKG USU," jelas Essie.

Acara puncak RDM&E yang akan berlangsung pada Minggu ini akan menjadi momen bersejarah bagi FKG USU. Dalam acara tersebut, FKG USU akan mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalies FKG USU ke-62.

"Semoga dengan adanya acara Regional Dental Meeting and Exhibition (RDM&E) ini, para dokter gigi dapat memperoleh pengetahuan baru dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan gigi di Indonesia," tandas Dr Essie Octiara.

Ketua panitia kegiatan RDM&E, drg. Ami angela harahap, MSc, Sp. KGA(K) menjelaskan dalam acara ini terdapat exhibition yang melibatkan sebanyak 19 supplier, termasuk dari Bank Sumut dan beberapa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ikut serta. 

"Sementara untuk pesertanya, terdapat peserta dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Acara ini juga menghadirkan 10 pembicara asing dari berbagai benua yang akan berbagi ilmu mereka. Selain itu, panitia juga mengikutsertakan 8 cabang dari kedokteran gigi dalam acara ini," jelasnya.

Sementara itu Staf Ahli Gubernur Sumut Bidang Pendidikan, kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat, Suherman menuturkan bahwa saat ini kemajuan teknologi telah membawa dinamika perubahan yang sangat pesat dan dinamis tidak terkecuali adalah pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

FKG USU menggelar 9th Regional Dental Meeting and Exhibition (RDM&E).

FKG USU menggelar 9th Regional Dental Meeting and Exhibition (RDM&E).

Photo :
  • VIVA | BS Putra

Suherman mengungkapkan tantangan di era digitalisasi telah melayangkan revolusi kedokteran gigi dalam memberikan pelayanan perawatan gigi dan mulut.

"Kami mengacu kepada penggunaan teknologi digital dalam berbagai aspek kedokteran gigi seperti diancis perencanaan perawatan restorasi yang menaikkan kebutuhan teknik desain atau CBD dan penggunaan digital kedokteran gigi telah memungkinkan peningkatan presisi akurasi dan efisiensi sekaligus meningkatkan pelayanan," tuturnya.

Kemajuan teknologi dan perkembangan digitalisasi ini, kata Suherman harus selaras dengan pembangunan kesehatan yang berkelanjutan dan berdasarkan Pancasila. 

"Pelayanan kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat," tutur Suherman.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya