UI Raih Peringkat 1 The Most Sustainable Universities di Asia, 24 di Dunia

Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)
Sumber :

Depok – UI GreenMetric World University Rankings 2023 mengumumkan hasil pemeringkatannya. Universitas Indonesia (UI) meraih predikat sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia pada kategori The Most Sustainable Universities atau berada di peringkat 24 dunia.

Hari Ini 172 Kampus Muhammadiyah Serentak Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel

UI mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik di tanah air seperti tahun lalu, sekalipun jumlah peserta meningkat dari 1.050 menjadi 1.183 universitas. Keberhasilan UI bertahan di peringkat 24 dunia merupakan hasil upaya UI dalam menciptakan kampus yang ramah lingkungan

Dari enam kriteria yang ditetapkan dalam pemeringkatan, yakni Setting and Infrastructure, Energy and Climate Change, Waste, Water, Transportation, dan Education and Research, UI memperoleh total score sebesar 8.925—naik dari tahun sebelumnya yang mencapai 8.800. 

Lebih 2 Ribu Mahasiswa yang Bela Palestina di Seluruh AS Ditangkap Polisi

Kenaikan tersebut salah satunya diperoleh dari score Setting and Infrastructure yang meningkat dari 1.175 menjadi 1.325. Pada kriteria Setting and Infrastructure, setidaknya ada beberapa poin yang menjadi indikator penilaian. 

Indikator-indikator tersebut adalah perbandingan luas ruang terbuka terhadap luas total, luas wilayah kampus yang ditumbuhi vegetasi hutan dan tanaman, serta luas ruang terbuka. Selain itu, program konservasi tumbuhan dan hewan, area resapan air, serta berbagai fasilitas, seperti gedung, sarana prasarana kesehatan, dan fasilitas keamanan juga diperhitungkan. 

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

UI cukup unggul dalam kriteria ini karena dari seluruh area UI yang ada di Kampus Depok, sebanyak 50% kawasan merupakan hutan, 9% danau atau kawasan konservasi air, dan 70% adalah ruang terbuka hijau. 

Untuk menjaga kelestariannya, UI bahkan menetapkan kebijakan masterplan pengembangan kampus agar persentase lahan terbuka dan lahan hijau tetap berada di angka 50%. Oleh karena itu, salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh UI adalah aturan pembangunan gedung baru minimal 8 lantai dengan konsep green building. 

Berkat upaya tersebut, UI berhasil mengungguli Universiti Putra Malaysia dalam UI GreenMetric World University Rankings 2023. Adapun Top 5 World’s Most Sustainable Universities pada UI GreenMetric World University Rankings 2023 secara berturut-turut diraih oleh Wageningen University & Research, Netherlands; Nottingham Trent University, United Kingdom; Umwelt-Campus Birkenfeld (Trier University of Applied Sciences), Germany; University of Groningen, Netherlands; dan University of California, Davis, USA. 

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro mengatakan, pemeringkatan UI GreenMetric berfungsi sebagai platform kerja sama antar institusi pendidikan tinggi untuk menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik. Capaian UI di tingkat global pada pemeringkatan ini menunjukkan keseriusan UI dalam meningkatkan infrastruktur universitas dan tindakan menuju universitas berkelanjutan di tingkat dunia.

“Kami percaya universitas memainkan peran integral dalam upaya bersama antara pemangku kepentingan dan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 7 Desember 2023.

Dengan mempromosikan dan mengembangkan ide-ide dan inovasi baru, UI berharap dapat memberi sumbangsih nyata.

“Misalnya berupa konservasi energi dan air, daur ulang sampah, dan transportasi ramah lingkungan kepada masyarakat agar tercipta lingkungan yang sehat dan berkelanjutan,” kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya