USU Kukuhkan 5 Guru Besar Baru, Rektor Ingatkan Pentingnya Rekognisi Internasional

Upacara Pengukuhan lima Guru Besar Tetap USU
Sumber :
  • USU

Medan – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin memimpin langsung Upacara Pengukuhan lima Guru Besar Tetap USU di Gelanggang Mahasiswa USU Rabu, 6 Desember 2023.

Sebanyak 37.169 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 yang Digelar di USU

Kelima guru besar yang dikukuhkan yakni Tavi Supriana dari Fakultas Pertanian, Rozanna Mulyani dari Fakultas Ilmu Budaya, Nursahara Pasaribu dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,  Maria dari Fakultas Hukum serta Nurlela dari Fakultas Hukum.

Muryanto Amin dalam sambutannya menekankan bahwa jabatan Guru Besar merupakan jabatan fungsional tertinggi yang dapat diperoleh dosen. Setelah meraih capaian tersebut, maka tugas Tridharma seorang dosen akan semakin bertambah. 

Komang Teguh Ditawari Beasiswa S2 ITB STIKOM Bali

Upacara Pengukuhan lima Guru Besar Tetap USU

Photo :
  • USU

Dia menilai bukan hanya dalam kuantitasnya, tetapi juga kualitasnya, serta harus menjadi role model, terkhusus di lingkungan perguruan tinggi.

USU Raih Peringkat 4 Kampus Riset Terbaik Indonesia Versi Scimago 2024, Ini Kata Rektor

“Tugas kita, sebagai Guru Besar yang harus dilakukan tanpa henti, adalah mendapatkan rekognisi atau pengakuan dari masyarakat internasional,” ucap Muryanto, dalam keterangannya, Kamis 7 Desember 2023.

Secara umum, setidaknya terdapat dua bagian besar yang harus menjadi concerning issues di perguruan tinggi, yaitu tata kelola dan hasil pembelajaran yang dilakukan. Muryanto menjelaskan bahwa tata kelola perguruan tinggi harus minimalis, tetapi kaya akan fungsi. Karena telah terjadi disrupsi sebagai dampak kemajuan teknologi. 

“Untuk itu, maka hasil pembelajaran harus dapat memberikan solusi cepat mengatasi masalah yang dihadapi dunia industri,” jelasnya

Lebih lanjut, rektor menyoroti bahwa USU telah melakukan transformasi agar kedua isu tersebut dapat dikelola dengan hasil yang memperkuat kinerja kelembagaan. Komitmen tersebut dilakukan dengan mengajak dosen agar melakukan transformasi tugas bagi dirinya sendiri, berjalan seiring dengan transformasi kelembagaan di USU.

“Kekuatan utamanya bersumber dari dosen yang menyusun kurikulum, menyesuaikan metode pembelajaran based learning, dan mendiseminasi hasil risetnya di jurnal internasional scopus,” kata dia

Upacara Pengukuhan lima Guru Besar Tetap USU

Photo :
  • USU

Salah satu Guru Besar yang baru dikukuhkan, Nursahara Pasaribu memberikan harapan khusus bagi rekan-rekan yang masih berjuang menuju jenjang karir yang sama, agar mereka dapat segera meraihnya. 

Sementara bagi mereka yang sudah menjabat sebagai guru besar, diharapkan terdapat forum khusus di mana mereka dapat berdiskusi dan saling berbagi pengalaman serta rencana ke depan.

“Forum ini menjadi tempat kami untuk berbagi cerita dan merencanakan langkah-langkah selanjutnya dalam perjalanan karir kami," tutur Nursahara.

Sebagai informasi, saat ini USU telah meraih Akreditasi Unggul dan menduduki peringkat 1.200 QS WUR, 1.500 THE WUR, 401 QS AUR. Dengan kekuatan 165 Guru Besar USU aktif, serta 6 orang Guru Besar yang telah menerima SK Pengangkatan dan segera menyusul dikukuhkan, diharapkan transformasi USU menuju pengakuan internasional dapat lebih cepat terealisasi.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya