Bupati Tabanan Dorong Perangkat Daerah Ciptakan Inovasi Bermanfaat untuk Masyarakat

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.
Sumber :
  • Istimewa

Tabanan – Pengukuran kinerja Perangkat Daerah di Kabupaten Tabanan yang dituangkan dalam Perjanjian Kinerja mendapat atensi penuh dari Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Dia berharap perjanjian kinerja Tahun 2024 antara Bupati Tabanan dan 41 Perangkat Daerah, diantaranya, Setda, Kepala Perangkat Daerah, termasuk Camat se-Kabupaten Tabanan harus dan wajib mengedepankan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan terus menguatkan komitmen untuk membangun Kabupaten Tabanan sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Tabanan.

“Perjanjian kinerja tahun ini sengaja saya modifikasi dengan beberapa tambahan selain pengejawantahan atas rencana strategis juga tekankan Perangkat Daerah untuk wajib berinovasi dengan frame utamanya adalah skala prioritas pembangunan sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD semesta berencana Kabupaten Tabanan," ujar Sanjaya saat diwawancara di Ruang Rapat Utama Jayaning Singasana.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Didampingi oleh Wakil Bupati I Made Wirawan, SE, Sekda Kab. Tabanan I Gede Susila, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kelompok Ahli Pemerintah Kabupaten Tabanan, Kepala Bagian di lingkungan Setda Kabupaten Tabanan beserta tim fasilitas penyusunan penilaian kerja tahun 2024 dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Perjanjian Kinerja dengan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan Tahun 2024 yang dirancang sebagai sebuah sistem dan mekanisme yang mampu mendorong organisasi Perangkat Daerah untuk berlomba-lomba membuat inovasi daerah dan selanjutnya mampu mengukur dan menggambarkan secara utuh kinerja seorang Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

“Kinerja ini bukan hanyalah perjanjian di atas kertas, tetapi mempunyai dampak langsung terhadap evaluasi kinerja para jajaran, juga target kinerja yang tertuang dalam perjanjian ini adalah angka-angka yang harus dicapai dengan spirit “Satya” atau kejujuran sebagai sebuah core value yang wajib ditepati serta mengevaluasi kinerja OPD yang masih rendah berdasarkan hasil perjanjian kinerja tahun 2023," tegas Sanjaya.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya teken perjanjian kinerja

Photo :
  • Istimewa

“Dan mengevaluasi perjanjian secara periodik dan akuntabel baik secara mandiri maupun secara kolektif oleh auditor  yang telah ditunjuk," anjutnya.

“D iatas semua itu, saya mendorong agar saudara selaku Kepala Perangkat Daerah, mulai berani keluar dari budaya birokrasi dengan paradigma lama dan mulai berani berpikir out of the box, sebagaimana spirit Pemerintah Tabanan Era Baru," tegasnya.

Penghargaan dan apresiasi juga disampaikan atas berbagai inovasi yang telah diusung oleh masing-masing perangkat daerah berupa penyerahan Piala Bergilir kepada Perangkat Daerah Berkinerja Terbaik yang kali ini diberikan kepada Sekretariat Daerah sebagai Perangkat Daerah Terbaik yang diterima langsung oleh Sekda I Gede Susila. .

“Saya apresiasi bagaimana OPD itu semua membuat inovasi-inovasi yang luar biasa dari sekian yang terbaik, pasti ada  yang terbaik, maka dari itu saya berikan reward yang terbaik dan ada bergilir, tujuannya adalah untuk menginovasi dan merangsang, sehingga tahun depan tambah giat lagi untuk melaksanakan tupoksinya sebagai birokrasi di kabupaten tabanan, ini semata-mata bagaimana untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Tabanan," ucap pimpinan nomor satu di Tabanan tersebut.

Adapun  Capaian Perjanjian Kinerja Terbaik Tahun 2023 berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi dari Universitas Mahasaraswati Denpasar pada 41 Perangkat Daerah yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu kategori Terbaik untuk Perangkat Daerah dengan yang diraih oleh Sekretariat Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan BRIDA, Kategori Terbaik untuk Kecamatan yang berhasil diraih oleh Kecamatan Baturiti, Kecamatan Pupuan dan Kecamatan Tabanan. Sedangkan untuk Kategori Terbaik untuk Inovasi diraih oleh RSUD Tabanan, BRIDA dan Dinas PUPRKP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya