Bantu Edukasi Pemilih, Platform Ini Rangkum Rekam Jejak Caleg Pemilu 2024

Platform digital pilihyangbener.id rangkum informasi rekam jejak caleg pemilu
Sumber :
  • ist

VIVA Edukasi – Berdasarkan data yang diperoleh dari laman infopemilu.kpu.go.id, 43.2% Caleg DPR RI tidak mengisi informasi program kerja. Minimnya informasi tentang program kerja ini juga terlihat pada Caleg di tingkat DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Terlebih lagi, sekitar 18.5% dari 258.000 lebih Caleg ini tidak bersedia mempublikasikan profilnya. Berarti hampir 1 dari 5 Caleg bahkan tidak mau dikenal oleh calon pemilihnya.

Sementara itu, ketersediaan informasi mengenai para Caleg yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat masih sangat terbatas. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Edy Rahmayadi Blak-blakan Tak Akan Duet Bareng Ijeck Lagi: Terlalu Tinggi, Kurang Pas

Informasi yang minim pada baliho di sepanjang jalan tidak mencukupi untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai rekam jejak Caleg.

Untuk menjembatani kekosongan informasi penting ini, dibuatlah suatu platform digital independen, nirlaba, nonpartisan dan imparsial bernama pilihyangbener.id.

Soroti Kenaikan UKT, F-PKS DPRD Sumut : Jangan Sampai PTN Menetapkan Melebihi Batas BKT

Welly Chan, salah satu inisiator pilihyangbener.id menyatakan,"Hingga saat ini, informasi Caleg yang tersedia di luar sana masih minim. Kami mengajak para calon pemilih, agar mencari tahu rekam jejak Caleg secara online sebelum Pemilu. Dan cara yang paling praktis adalah lewat Simulasi Surat Suara dan halaman Pemilu pilihyangbener.id."

Penting untuk Calon pemilih mendapatkan informasi lebih mendalam tentang rekam jejak Caleg seperti visi, misi, kegiatan, kontribusi, komitmen dan program mereka di tengah masyarakat selama ini.

Apabila informasi rekam jejak, komitmen dan program ini tidak tersedia bagi publik, masyarakat akan kesulitan memilih Caleg berdasarkan kompetensi, pengalaman dan rekam jejak lainnya. Calon pemilih akan cenderung memilih secara asal-asalan atau golput.

Untuk membantu warga mengenali nama-nama Caleg yang akan muncul dalam Surat Suara, fitur Simulasi Surat Suara di dalam pilihyangbener.id akan membantu warga untuk melihat tampilan layout dan isinya yang menyerupai Surat Suara asli, sehingga mereka dapat mempelajari dan berlatih menemukan posisi parpol dan nomor urut Caleg terbaik yang
akan dicoblos.

Platform digital pilihyangbener.id rangkum informasi rekam jejak caleg pemilu

Photo :
  • ist

Warga cukup mengizinkan pengambilan lokasi via GPS, atau memilih Kabupaten/Kota dan Kecamatan di TPS mereka, lalu akan muncul gambar sampul Surat Suara sesuai tingkatan legislatif di dapilnya, dan nama Caleg bisa diklik untuk melihat detil informasi mengenai visi, program, dan rekam jejak mereka.

Melalui pilihyangbener.id, masyarakat dapat secara aktif melakukan penelitian terhadap rekam jejak Caleg yang akan mewakili mereka dalam pembuatan undang-undang dan pengawasan anggaran di daerahnya.

Masyarakat juga dapat secara langsung memberikan masukan atau aspirasi menggunakan fitur Suara Warga. Dari sisi Caleg, mereka memiliki kesempatan untuk menampilkan rekam jejak secara online dengan tampilan yang terstruktur dan
profesional.

Welly menambahkan, "Pilihyangbener.id memberikan solusi bagi Caleg yang ingin memperkenalkan diri mereka lebih dari sekadar baliho. Kami percaya bahwa Caleg yang memiliki integritas, kompetensi, dan pengalaman kerja yang baik akan senang dikenal dengan jelas oleh warga di dapilnya. Mereka dapat membagikan visi, misi, program kerja, gagasan, dan
kontribusi mereka untuk masyarakat, bahkan bersedia dibandingkan dengan Caleg lain agar masyarakat dapat menemukan Caleg yang paling kompeten mewakili rakyat. Dengan demikian, pilihyangbener.id ini menjadi sarana untuk menunjukkan transparansi Caleg serta berinteraksi secara aktif dengan warga."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya