Kisah Haru Evania Rumbobiar, Terima Beasiswa Penuh Program Sarjana Kedokteran Militer Unhan RI

Prabowo Subianto dan salah seorang wisudawati Unhan
Sumber :
  • Dok.istimewa

Bogor – Ada kisah haru dari salah satu wisudawati yang mendapatkan beasiswa penuh dari Univeritas Pertahanan (Unhan) RI. Mahasiswi tersebut bernama Evania Rumbobiar. 

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Ia menceritakan sepenggal kisah hidupnya yang menyentuh hati, saat Sidang Senat Terbuka Wisuda 573 orang Mahasiswa Program S-1, S-2 dan S-3, Senin, 12 Februari 2024 di Unhan RI, Bogor, Jawa Barat. 

Wisudawati penerima beasiswa penuh fakultas Kedokteran Militer Unhan

Photo :
  • Tangkapan layar
Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Diketahui bahwa Evania Rumbobiar ini salah satu wisudawati yang menerima Program Sarjana Kedokteran Militer Unhan RI. Ia bercerita, mengaku sempat mengubur mimpinya untuk kuliah kedokteran mengingat mahalnya biaya yang harus dikeluarkan. Sebab, ayahnya hanya tukang ojek yang harus menghidupi ketujuh anak-anaknya.

“Sejak kecil saya bermimpi ingin menjadi dokter. Tetapi apakah hal itu mungkin bisa terjadi? Terpikir betapa mahalnya biaya pendidikan kedokteran itu, membuat hati saya ciut tak bernyali. Saya tidak mungkin membebani orang tua saya. Papa saya yang bekerja sebagai tukang ojek dan memiliki 7 orang anak,” ujarnya, dikutip Selasa, 13 Februari 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Awalnya tidak yakin bisa mewujudkan mimpinya itu, namun kemudian ada program sarjana dengaj status beasiswa penuh. Dari ribuan pendaftar, ia menjadi salah satu yang diterima program tersebut.

“Namun saya masih memiliki satu harapan. Secercah harapan muncul, di mana Unhan RI membuka program S1 dengan status beasiswa penuh,” bebernya.

“Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka. Dari ribuan oranh yang mendaftar, saya termasuk satu dari 300 yang diterima sebagai kadet Mahasiswa Unhan. Diterima sebagai Kadet di fakultas kedokteran Militer Unhan, merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa,” imbuhnya sambil menahan air mata.

Ia mengaku jika program tersebut benar-benar tidak dipungut biaya sama sekali dalam hal pendidikan. Bahkan, kebutuhan pribadi sampai dipenuhi.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi Unhan

Photo :
  • Istimewa

“Saya tidak perlu memikirkan bagaimana orang tua kami harus membayar uang semesteran, kos-kosan, uang makan, dan bahkan sarana yang dibutuhkan. Semua hanya tersedia di sini. Biaya kuliah gratis, tempat tinggal di mes, makan, snack, vitamin, susu, bahkan laptop untuk perorangan. Serta seragam dari ujung kepala hingga kaki,” terangnya.

“Ada di mana lagi sekolah kedokteran gratis dan malah di beri uang saku. Selama menempuh pendidikan kedokteran di sini,” imbuh Evania.

Wisudawati penerima beasiswa penuh fakultas Kedokteran Militer Unhan

Photo :
  • Tangkapan layar

Ia pun berterimakasih kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang telah melahirkan program beasiswa tersebut. Sehingga, calon mahasiswa kedokteran bisa mewujudkan mimpinya meski terkendala dengan biaya.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri Pertahanan, Bapak Prabowo Subianto yang telah melahirkan program ini menjadi harapan besar bagi kami untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang besar. Walaupun biaya yang sangat besar, tapi ini menjadi suatu hal yang luar biasa dalam kehidupan kami,” pungkasnya.

Indonesia memiliki "mutiara-mutiara" putra-putri Nusantara yang terpendam di seluruh penjuru negeri, dan pemerintah melalui Unhan RI berupaya mengangkat "mutiara-mutiara" tersebut, tanpa membeda-bedakan status, demi untuk mewujudkan mimpi anak-anak Bangsa menggapai masa depan yang gemilang. 

Bagi kamu yang ingin sekolah kedokteran dan terhalang oleh biaya, bisa mendaftarkan kuliah di Unhan RI. Pendaftaran masih dibuka sampai akhir bulan ini. Informasi pendaftaran mahasiswa baru : https://penerimaan.idu.ac.id/.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya