Mahasiswa MIPA UI Raih Pendanaan Internasional untuk Atasi Krisis Air Bersih di Cipayung Depok

Mahasiswa UI Tim Projek Aquinas GWB Program SEG
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

VIVA – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Society of Exploration Geophysicists Universitas Indonesia Student Chapter (SEG UI SC) meraih pendanaan internasional untuk mengatasi persoalan air bersih di Cipayung, Depok. Mereka adalah mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Geofisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).  Tim mendapat pendanaan dari SEG Foundation sebesar 12.500 dolar AS atau sekitar Rp195 juta melalui program Geoscientist Without Border (GWB).

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Proyek sosial bertajuk ‘Aquinas’ tersebut berupaya mengidentifikasi dan mengatasi kontaminasi air tanah untuk meningkatkan kualitas hidup dan meminimalkan risiko kesehatan warga Cipayung. Presiden SEG UI SC 2024, Stella Eulia Andoko (Geofisika 2021) bersama tim riset yang diketuai oleh Michael Partogi (Geofisika 2022) dan Muhammad Rizki Setiawan (Geofisika 2022) akan melakukan eksplorasi kondisi air tanah serta mengedukasi masyarakat setempat mengenai pentingnya air bersih. Hasil akhir dari proyek Aquinas nantinya akan dipresentasikan secara langsung oleh Stella dan tim pada tahun 2025 mendatang dalam acara SEG Annual Meeting 2025 di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Stella Eulia Andoko mengatakan, Cipayung merupakan daerah padat penduduk yang warganya masih bergantung pada air tanah sebagai sumber mata air utama. Selain itu, lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung dekat dengan pemukiman. Hal ini meningkatkan risiko pencemaran air tanah yang mengancam kesehatan masyarakat.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

“Oleh karena itu, mulai dari pertengahan 2024 hingga akhir 2025, kami akan mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data untuk menemukan solusi jangka panjang dan menyelesaikan masalah tersebut,” katanya, Senin 18 Maret 2024.

Dalam melaksanakan proses akuisisi data di Cipayung, tim riset memanfaatkan berbagai metode geofisika. Di antaranya metode resistivitas, self-potential, metode Ground Penetrating Radar (GPR), dan metode geokimia. Setelah itu, proyek akan dilanjutkan dengan pemrosesan dan interpretasi data yang akan dijadikan patokan untuk saran pembangunan sumur air bersih bagi warga Cipayung. Tim UI juga akan memasang water filter untuk mengoptimalkan kualitas akses air bersih di sana.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Guna memastikan keberhasilan proyek, tim riset turut menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah setempat. Para anggota SEG UI SC juga akan dikerahkan untuk merespons isu pencemaran air bawah tanah di daerah sekitar TPA Cipayung yang disebabkan oleh penumpukan sampah.

Ilustrasi Sampah Plastik

Photo :
  • ist

Sementara itu, sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya ketersediaan air bersih, proyek Aquinas menyelenggarakan Charity Event yang akan dilaksanakan di sekolah-sekolah dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

Proyek Aquinas berupaya mendorong tercapainya tiga Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Yaitu, Tujuan 3 (Kehidupan yang Sehat dan Sejahtera) dengan memastikan air bersih selalu tersedia sehingga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Cipayung terjaga.

Selanjutnya, Tujuan 6 (Air Bersih dan Sanitasi) dengan memastikan keterjangkauan akses air bersih bagi seluruh warga Cipayung dan membantu menjaga kualitas sanitasi masyarakat setempat. Tujuan 17 (Kemitraan untuk Memenuhi Tujuan Bersama) dilakukan dengan berkolaborasi bersama pihak eksternal kampus untuk mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cipayung, Depok.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya