6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Masjidil Haram
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA – Majid yang juga dikenal dengan sebutan mosque dalam bahasa Inggris, adalah tempat ibadah utama bagi umat Islam.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Selain sebagai tempat sholat, masjid juga memiliki fungsi penting lainnya sebagai komunitas pusat komunitas muslim. Masjid biasanya menyelenggarakan kegiatan keagamaan lain seperti kajian islam, ceramah dan buka puasa bersama saat bulan Ramadhan.

Secara umum, masjid memiliki ruang sholat utama, tempat wudhu untuk bersuci sebelum sholat, dan mimbar, podium tempat khotib menyampaikan khutbah pada sholat Jumat. Arsitektur masjid juga biasanya memiliki ciri khas tersendiri, seperti keberadaan Menara yang digunakan untuk mengumandangkan adzan, panggilan untuk sholat.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Masjid Nabawi di Kota Madinah Arab Saudi.

Photo :
  • SPA

Di berbagai belahan dunia, terdapat masjid-masjid megah dengan kapasitas luar biasa yang mampu menampung jutaan jamaah. Berikut 6 masjid terbesar di dunia, salah satunya adalah kebanggaan Indonesia, dilansir dari UAE Moments, Selasa, 19 Maret 2024.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

1 Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi

Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia dan tempat paling suci bagi umat Islam. Terletak di Mekkah, masjid ini menjadi tujuan utama ibadah haji dan umrah. Dengan luas mencapai 356.800 meter persegi, Masjidil Haram mampu menampung hingga 4 juta Jemaah.

2. Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Masjid Nabawi merupakan masjid terbesar kedua di dunia dan tempat suci kedua bagi umat islam. Terletak di Madinah, masjid ini merupakan tempat dimakamkannya Nabi Muhammad SAW. Masjid Nabawi memiliki luas 400.000 meter persegi dan mampu menampung 1 juta jamaah.

3. Masjid Imam Ali, Najaf, Irak

Masjid Imam Ali merupakan masjid terbesar ketiga di dunia dan tempat suci bagi umat Islam Syiah. Terletak di Najaf, Irak, masjid ini merupakan tempat dimakamkannya Imam Ali bin Abi Thalib, sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW. Masjid Imam Ali memiliki luas 600.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 7 juta jamaah.

Masjid Istiqlal

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

4. Masjid Imam Reza, Mashhad, Iran

Masjid Imam Reza merupakan masjid terbesar keempat di dunia dan tempat suci bagi umah Islah Syiah. Terletak di Mashhad, Iran, masjid ini merupakan tempat dimakamkannya Imam Reza, cucu Nabi Muhammad SAW. Masjid Imam Reza memiliki luas 598.657 meter persegi dan mampu menampung 700.000 jamaah.

5. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan masjid terbesar kelima di dunia. Terletak di Jakarta, Indonesia, masjid ini merupakan simbol kemerdekaan Indonesia dan menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia. Masjid Istiqlal memiliki luas 221.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 200.000 jamaah.

6. Masjid Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Masjid Sheikh Zayed merupakan masjid terbesar keenam di dunia dan salah satu masjid terindah di dunia. Terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, masjid ini menjadi landmark ikonik negara tersebut. Masjid Sheikh Zayed memiliki luas 22.412 meter persegi dan mampu menampung hingga 40.000 jamaah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya