Atma Jaya Jadi PTS Terbaik Se-Indonesia Kategori Lulusan Gampang Dapat Kerja

Universitas Katolik Atma Jaya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) meraih prestasi sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik se Indonesia dalam kategori Employability versi QS Rank 2024. Prestasi ini diwujudkan dengan banyaknya lulusan Universitas Atma Jaya yang mudah dan cepat dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari bangku perkuliahan.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Beri Kuliah Umum pada Mahasiswa Fakultas Hukum Unja

“Problem mahasiswa menjelang kelulusan yaitu adanya ketakutan untuk melangkah memulai perjalanan karir. Atma Jaya terus berupaya agar mahasiswa dapat mudah dan cepat dalam mencari pekerjaan,” kata Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp. S(K), Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dalam keterangan tertulis, Kamis 16 Mei 2024.

“Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai kerja sama erat yang dibangun dengan berbagai perusahaan, industri, organisasi, komunitas, dan pemerintahan. Hal ini sejalan dengan prestasi yang diraih oleh Atma Jaya sebagai PTS terbaik dalam kategori Employability versi QS Rank 2024,” lanjutnya.

10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Ditetapkan Jadi Warisan Dunia UNESCO

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, prospek kerja bagi lulusan Atma Jaya menjadi perhatian utama kampus, maka berbagai program juga telah dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang kompeten dan berkualitas.

Melalui program magang, praktik, proyek, aktivitas pendampingan, dan berbagai program lainnya, mahasiswa Atma Jaya dapat memperkuat pengetahuan yang mereka peroleh di kelas secara langsung sebelum terjun ke dunia kerja.

Jokowi Senang Ada Sekolah Internasional di IKN, Pakai Kurikulum Cambridge

"Kuliah di Atma Jaya memberi saya kesempatan untuk banyak belajar dan mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya,” tutur Emil, alumni Atma Jaya prodi Ilmu Komunikasi yang telah berkarir di salah satu e-commerce terkenal di Indonesia.

“Pembelajaran di kelas, tugas praktik, dan berbagai kegiatan, membuat saya semakin memiliki banyak pengalaman. Sebelum lulus dari Atma Jaya, bahkan saya sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang saya minati,” tambahnya.

Berbagai program pendampingan juga dibuat untuk menjaga kualitas lulusan Atma Jaya. Program pendampingan ini diharapkan dapat melengkapi kemampuan kognitif mahasiswa khususnya mengasah kemampuan soft skill.

Adapun berbagai program pendampingan yang dibentuk seperti career coaching, program leadership, program pendampingan kompetisi seperti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), berbagai workshop, konseling, dan berbagai program lainnya.

Hal ini tentu memberikan dampak signifikan pada kemampuan analitis mahasiswa untuk dapat berpikir praktis serta menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa itu sendiri. Di sisi lain, kesempatan ini juga memungkinkan mereka untuk membangun jaringan profesional yang kuat sejak dini.

Upaya lain juga dilakukan untuk memperluas akses pendidikan, Atma Jaya mengimplementasikannya melalui berbagai program beasiswa dan fasilitas pembiayaan yang memungkinkan mahasiswa dari berbagai latar belakang ekonomi untuk melanjutkan studi tanpa harus terbebani oleh biaya yang tinggi.

Tidak hanya itu, Atma Jaya juga terus berinvestasi dalam fasilitas modern dan layanan berkualitas untuk mendukung pengalaman belajar mahasiswa. Dari perpustakaan yang memiliki koleksi lengkap hingga laboratorium terkini. Atma Jaya memastikan bahwa mahasiswa memiliki akses ke semua sumber daya yang mereka butuhkan untuk mencapai kesuksesan akademik dan profesional.

Dengan berbagai inisiatif ini, Atma Jaya terus memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan yang berfokus pada kualitas, aksesibilitas, dan kesempatan kerja bagi para lulusan. Atma Jaya memastikan bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pendidikan berkualitas dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang cerah.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya