11 Fakta Menarik Usai Kemenangan Besar Belgia Atas Irlandia

Pertandingan Belgia vs Republik Irlandia di Piala Eropa 2016
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA.co.id – Belgia sukses menggasak Republik Irlandia dalam laga lanjutan Grup E Piala Eropa 2016 pada Sabtu, 18 Juni 2016. Bermain di Stade de Bordeaux, Belgia menang dengan skor telak 3-0 dan naik ke posisi kedua di grup.

Hasil Drawing UEFA Nations League: Timnas Italia dan Prancis Tergabung di Grup Neraka

Dalam pertandingan tersebut, Romelu Lukaku berhasil mencetak dua gol, dan satu gol lagi dicetak oleh Axel Witsel. Gol yang dicetak oleh Witsel adalah gol pertamanya bagi Timnas Belgia sejak September 2014.

Selain itu, gol kedua Belgia yang dicetak oleh Witsel terjadi setelah melakukan 28 operan berturut-turut. Dan dengan hasil ini, Belgia berhasil memperpanjang rekor tak terkalahkan atas Republik Irlandia menjadi 8 pertandingan sejak pertemuan pertama pada tahun 1934.

Romelu Lukaku Lebih Garang Ketimbang Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe

Masih ada fakta-fakta menarik lain yang muncul dari kemenangan besar Belgia atas Republik Irlandia. Berikut adalah fakta-fakta menarik usai Belgia mengandaskan perlawanan Republik Irlandia, seperti dilansir Opta dan situs resmi UEFA:

1. Gol yang dicetak oleh Axel Witsel adalah gol pertamanya bagi Timnas Belgia sejak September 2014.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Ngamuk, Spanyol dan Portugal Menang

2. Gol kedua Belgia yang dicetak oleh Axel Witsel terjadi setelah para pemain Belgia melakukan 28 operan berturut-turut.

3. Dengan hasil ini, Belgia berhasil memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka atas Republik Irlandia menjadi 8 pertandingan sejak pertemuan pertama pada tahun 1934.

4. Republik Irlandia selalu gagal memenangkan setiap laga dalam gelaran Piala Eropa yang mereka jalani. Terakhir Republik Irlandia menang saat melawan Inggris pada Piala Eropa 1988 dengan skor 1-0.

5. Sebelum gol dari Romelu Lukaku, Belgia gagal mencetak gol setelah melepaskan 91 tendangan di Piala Eropa.

6. Darren Randolph membuat operan paling banyak dari para pemain Republik Irlandia Lainnya di babak pertama dengan 17 kali operan.

7. Romelu Lukaku selalu mencetak gol dalam lima dari enam laga terakhirnya bersama Belgia.

8. Kevin De Bruyne selalu terlibat dalam 10 gol yang dicetak oleh Belgia dalam 10 penampilan terakhirnya dengan torehan 5 gol dan 5 assists.

9. Romelu Lukaku adalah pemain Belgia pertama yang berhasil mencetak dua gol dalam sebuah turnamen Internasional. Pemain Belgia terakhir yang juga pernah melakukannya adalah Marc Wilmots pada 1988 saat melawan Mexico.

10. Republik Irlandia gagal membuat tendangan ke arah gawang dalam satu pertandingan di turnamen Internasional untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1994 melawan Norwegia.

11. Dengan kemenangan 3-0 melawan Republik Irlandia, Belgia menyamai rekor kemenangan terbesar yang pernah mereka buat sebelumnya dalam turnamen Internasional (Piala Dunia dan Piala Eropa). Terakhir mereka menang 3-0, saat melawan El Salvador pada 1970. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya