Prancis Raih Pemasukan Rp15 Triliun dari Piala Eropa 2016

Suasana Upacara Pembukaan Piala Eropa 2016
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA.co.id – Prancis memang gagal menjadi juara Piala Eroa 2016. Namun mereka meraup keuntungan yang fantastis dari sisi ekonomi. Selama sebulan gelaran Piala Eropa di Prancis, negara tersebut mendapatkan pemasukan mencapai, €1,2 miliar (sekitar Rp15 triliun). 

Timnas Prancis Cemas Bakal Dibikin Repot Pemain 'Bau Kencur' Inggris

Prancis telah menjadi tuan rumah bagi 24 negara yang berkompetisi di Piala Eropa tersebut. Sayangnya, di final Prancis harus mengakui keunggulan Portugal 0-1 di Stade de France. 

Dikutip dari Soccerway, berdasarkan laporan, Center for Sport Law and Econoy (CDES) dan KENEO, Prancis saat itu mendapatkan kunjungan 613.000 wisatawan. 

Prancis vs Inggris; Sepakbola Pulang ke Rumah atau Deschamps Cetak Rekor?

"Tidak diragukan, tuan rumah Piala Eropa membawa keuntungan finansial yang besar. Piala Eropa juga menunjukkan fans rela berpergian jauh secara massal demi mendukung tim kebanggaannya," kata Director Euro 2016, Martin Kallen. 

Dalam laporan tersebut, setiap fans rata-rata menghabiskan 7 hingga 9 hari di Prancis. Dalam sehari mereka rata-rata mengeluarkan €154 (sekitar Rp2,2 juta).

5 Pesepakbola Termuda di Piala Dunia 2022, Ada yang Baru 17 Tahun!

"Saat menggelar turnamen besar memang membutuhkan investasi mahal. Tapi mereka akan langsung mendapatkan keuntungan yang luar biasa," kata Presiden UEFA Euro 2016, Jacques Lambert. (mus)

Ilustrasi liburan/pantai.

Heboh Kota Ini Terancam Bangkrut Karena Destinasi Wisata Bugil

Pantai telanjang membuat sebuah kota di Eropa terancam bangkrut. Ini terkait Euronat di Grayan-et-l'Hopital, Prancis, salah satu destinasi wisata bugil terbesar

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2023